Rabu, 27 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 20 September 2018 | 09:00 WIB

Hitekno.com - Aplikasi pada smartphone atau ponsel serta situs menarik pernah kita kunjungi dengan frekuensi yang tinggi. Aplikasi terkenal di masa lalu membuat kita tersenyum apabila kita mengingatnya kembali.

Saat zaman kejayaannya dulu, kita seringkali menggunakannya untuk berbagai keperluan kita. Media sosial Instagram belum pernah ada dan kita menggunakannya aplikasi atau situs media sosial sederhana.

Zaman dulu, aplikasi dan situs itu sangat legendaris dan kita pasti merasa ada yang kurang apabila kita tak membukanya dalam sehari.

Berikut deretan aplikasi terkenal di masa lalu yang membuat kamu tersenyum ketika mengingatnya:

1. Winamp

Winamp. (VosCast)

 

Bagi kamu generasi 90an Winamp merupakan aplikasi yang harus ada di komputer kamu. Aplikasi pemutar musik ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1996. Namun sayangnya setelah penggunanya mencapai puluhan juta pengguna bulanan (bahkan mencapai ratusan juta apabila ditambah yang ilegal), aplikasi ini ditutup pada tahun 2013.

Winamp dapat digunakan untuk memutar deretan format file musik seperti MP3, MIDI, MOD, MPEG-1.

2. Friendster

Friendster. (Stunning Center)


Sebelum Instagram dan Facebook menguasai pasar media sosial, Friendster merupakan media sosial yang cukup melegenda di masanya.

Situs ini sangat populer di Asia Tenggara dan berhasil meraih lebih dari 115 juta pengguna saat mencapai puncak kejayaannya.

Friendster didirikan pada tahun 2002 dan mencapai popularitas tinggi beberapa tahun setelahnya. Mulai tahun 2008 situs ini mulai ditinggalkan oleh penggemarnya. Pengguna Friendster pada tahun 2010 tercatat hanya mencapai 8,2 juta pengguna aktif.

Tahun 2015 penurunan semakin tajam dan di tahun 2018 situs ini benar-benar ditutup.


3. Yahoo Messenger

Yahoo Messenger. (PC Tech Magazine)

 

Yahoo Messenger merupakan pengembangan lebih lanjut dari Yahoo Pager yang dikembangkan pada tahun 1998. Jika kamu merupakan penggemar pesan instan online, kamu harus menganggap Yahoo Messenger sebagai sebuah legenda.

Yahoo Messenger dapat berjalan di lintas platform seperti Window, Mac, Linux, Android, bahkan iOS.

Ketika warnet (warung internet) masih menjamur, aplikasi ini menjadi aplikasi wajib yang harus ada di dalam komputer.

Mulai tahun 2012, semua akun chatroom publik mulai ditutup. Puncaknya pada tanggal 17 Juli 2018 aplikasi ini resmi ditutup.

4. Mxit

Aplikasi Mxit. (DeviantArt)

 

Mxit (dikenal dengan Mix it) sangat terkenal pada zamannya terutama bagi kamu anak-anak yang sempat alay generasi 90an. Aplikasi ini mirip dengan Yahoo Messenger yaitu bergerak pada pesan instan yang dapat dikirimkan secara online.

Jika kamu sekarang bangga dengan WhatsApp, kamu harus hormat dengan legenda aplikasi pesan instan yang satu ini.

Terdapat fitur-fitur tua yang membuat generasi 90-an merindukannya.

Kamu bisa chat secara random dan berharap bertemu dengan salah satu gebetanmu.

Mxit diluncurkan pada tahun 2015 dan mendukung lintas perangkat seperti feature phone, Android, Blackberry, iPhone, iPad, ponsel Windows, dan tablet.

Sayangnya, pada bulan September 2016 aplikasi ini dimatikan secara total sehingga tak bisa digunakan dalam semua layanannya.

5. mIRC

mIRC. (Wikipedia)

 

mIRC merupakan aplikasi yang pernah populer dan digunakan oleh generasi 80 dan 90an. Jika kamu mengenalnya, dipastikan kamu sudah tua atau paling tidak teman seumuran kamu sudah pada menikah.

Aplikasi yang masuk sebagai kategori Interner Relay Chat ini diluncurkan pada tahun 1995. Puncak popularitasnya didapat antara tahun 2001-2005.

Bahkan mIRC sempat masuk dalam ketegori 10 aplikasi internet terbaik pada tahun 2003. mIRC berjalan di atas sistem operasi Windows.

Kamu pasti merindukan kemampuan aplikasi chat random yang ada pada mIRC. Aplikasi ini termasuk aplikasi terkenal di masa lalu dan kamu pasti merindukannya.