Selasa, 20 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 04 September 2018 | 08:00 WIB

Hitekno.com - Aplikasi Google Assistant kini mendapatkan update untuk dukungan bilingual alias multi-bahasa. Update ini dipamerkan Google dalam ajang IFA (Internationale FunkAustellung) 2018 di Berlin, Jerman.

Google pamer kalau sisten digitalnya kini bisa berbicara lebih dari satu bahasa dalam satu waktu.

Untuk saat ini Google Assistant mendukung bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Spanyol, Italia, dan Jepang. Namun pihak Google berjanji akan menambah lebih banyak bahasa dalam beberapa bulan mendatang.

Dilansir dari Suara.com, fitur ini akan bekerja dengan semua jenis asisten yang mendukung bahasa yang dipilih pengguna, seperti smartphone dan smart speaker. Namun pengecualian untuk smart display, karena saat ini baru hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Google Assistant. (Google)

 

Meskipun ini mungkin terdengar seperti fitur yang mudah diterapkan, Google mencatat ini adalah upaya yang berlangsung selama bertahun-tahun. Untuk membangun sistem seperti ini, pihak Google harus dapat mengidentifikasi beberapa bahasa, memahaminya, kemudian memastikan menyajikan pengalaman yang benar kepada pengguna.

Google menambahkan model identifikasi bahasanya (LangID) kini dapat membedakan antara 2.000 pasang bahasa.

Oleh karena itu, para peneliti harus membangun sistem yang dapat mengubah pertanyaan yang diucapkan menjadi hasil yang dapat ditindaklanjuti dalam semua bahasa yang didukung.

Tulisan mengenai update Google Assistant ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Penambahan Bahasa, Google Asisten Kini Bisa Bilingual.

BACA SELANJUTNYA

Cara Ganti Nama di Google Meet, Bisa Lewat Dekstop Maupun Aplikasi