Kamis, 06 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 08 Juli 2018 | 10:20 WIB

Hitekno.com - Fenomena vlogger akhir-akhir semakin marak berjamur di YouTube, terlebih lagi di Indonesia.

Ribuan vlogger rajin memberikan conten kreatif yang khas di akun YouTube-nya dan menganggap dirinya adalah influencer.

Influencer sendiri adalah orang-orang yang memiliki followers yang cukup banyak di media sosial dan mereka punya pengaruh yang kuat terhadap pengikut mereka.

Nah kali ini HiTekno mau kasih kalian akun YouTube yang inspiratif banget yang datang dari para buruh migran dan mantan buruh migran di luar negeri.

Beberapa video mereka memang terlihat biasa saja dan membuat video apa adanya, namun sadar atau tidak mereka ini berada di barisan terdepan untuk mengangkat harkat martabat profesi mereka yang lebih terhormat.

Video yang mereka buat pun tidak hanya asal video saja, tetapi lebih informastif dan bermanfaat lebih untuk membantu sesama pekerja migran untuk saling melindungi diri ketika di bekerja di luar negeri.

Yuk langsung aja kita simak siapa saja mereka.

Gokil Abis

Sumber video: YouTube Gokil Abis

Akun YouTube yang pertama ini datang dari vlogger dengan akun Gokil Abis.

Pemilik akun yang memiliki nama asli Parindra Sidik Cahyono ini adalah mantan buruh migran yang bekerja di Korea Selatan.

Parindra yang lebih dikenal dengan panggilan Bajindul ini sudah menjadi vlogger sejak Juni 2013 lalu.

Dalam video yang di unggahmya berisi conten yang informatif, seperti bagaimana caranya hingga samapai di Korea hingga cara-cara sederhana menjalani hidup di negeri yang terkenal dengan film dramanya tersebut.

Bajindul yang mengunggah videonya tanpa editan sama sekali ini pun sekarang sudah memiliki kurang lebih 306 ribu subscribers.

Putri Oshyn

Sumber video: YouTube Putri Oshyn

Putri Oshyn adalah salah satu buruh migran yang bekerja di Taiwan untuk merawat dan menjaga seorang nenek.

Dirinya sudah memulai menjadi vlogger sejak tahun 2013 lalu, dalam akun yang diunggahnya, Putri sering terlihat berjalan-jalan menikmatii Taiwan dan tampil modis jauh dari strereotip buruh migran yang tak punya akses bebas.

Ide-ide sederhana membuat kita merasa segar kembali dengan kebosanan vlog-vlog mewah seperti room tour rumah mewah atau unboxing barang-barang mahal.

Sampai saat ini Putri sudah memiliki 28 ribu subscribers di akun YouTube-nya.

Elly Agustina26

Akun YouTube Elly Agustina26 ini menjadi populer setelah unggahan videonya berdurasi 2 menit 45 detik tersebut yang menanggapi salah satu guru PNS Indonesia yang menghina para buruh migran tahun 2017 lalu.

Alhasil video tersebut ditonton sebanyak 15 ribu kali dan dibanjiri komentar dukungan untuknya.

Awalnya Elly yang menjadi buruh migran di Hongkong ini tak punya niat untuk menjadi seorang konten kreator YouTube.

Namun dirinya mengaku hanya menyukai dua hal, yaitu bicara dan kamera.

Jadilah hingga kini ini banyak membagi pengalamannya mengenai informasi teknis dengan jelas untuk para calon dan buruh migran di Hongkong.

Saat ini akun Elly Agustina26 ini memiliki kurang lebih 8 ribu subscribers lho.

Kalau kalian bosan dengan vlog mewah, deretan video yang diunggah vlogger ini bisa mengatasi hal itu dengan keserdahanaan mereka lho dan yang pasti sangat informatif.

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Jokowi Dapat Silver Play Button karena COVID-19?