Senin, 16 Desember 2019

Menkominfo Jamin Jaringan Telekomunikasi Aman Sambut Arus Mudik

Operator seluler telah melakukan uji coba jaringan di beberapa titik jalur mudik. Jaringan komunikasi dipastikan aman sambut para pemudik.

Agung Pratnyawan
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. (Suara.com/Adhitya Himawan)
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. (Suara.com/Adhitya Himawan)

Hitekno.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara memastikan pemerintah telah siap mengantisipasi kebutuhan jaringan telekomunikasi jelang mudik Lebaran.

Seperti diketahui, menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia berbondong-bondong pulang ke kampung halaman. Tradisi ini menyebabkan tingginya kebutuhan telekomunikasi di sepanjang jalur mudik.

Rudiantara mengatakan, para operator seluler telah melakukan uji coba jaringan di beberapa titik jalur mudik. Hasilnya, kata Rudiantara, pihak operator telah siap menyambut gelombang mudik.

"Secara umum teman-teman operator seluler siap menyambut mudik, dengan sudah melakukan drive test di beberapa titik," kata Rudiantara usai menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR RI, di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (5/6/2018).

Rudiantara menambahkan, infrastruktur jaringan telekomunikasi jelang mudik lebaran lebih banyak disediakan oleh operator seluler. Dirinya memastikan bahwa di Lebaran tahun ini, jumlah mobile base transceiver station (MBTS) akan lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

"Fokusnya adalah ke jalan tol yang baru, karena apa? semua mudik prioritas berhentinya itu di Jawa Tengah, kalau di Jawa Timur hanya sedikit, jadi (pemasangan MBTS) dari Jakarta sampai Jawa Tengah," tutur Rudiantara.

Nantinya, kata Rudiantara, selain memfokuskan penambahan infrastruktur jaringan telekomunikasi di titik-titik rest area tol Jakarta hingga Jawa Tengah. Kesiapan jaringan pada titik-titik keberangkatan dan kedatangan di luar pulau Jawa juga akan diperkuat.

"Tidak hanya Jawa, titik kedatangan di luar, seperti Medan, Makassar, Bali beberapa kota besar yang dianggap tempat kembali para pemudik dari Jakarta," tukasnya.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Menkominfo Jamin Jaringan Telekomunikasi Siap Sambut Pemudik.

Terkait

Terkini