Rabu, 25 November 2020

Generasi Milenial Mulai Tinggalkan Facebook

Dari hasil survey, popularitas Facebook mulai meredup di kalangan Milenial.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Facebook/softonic
Facebook/softonic

Hitekno.com - Akhir-akhir ini, Facebook kerap diterpa berbagai kabar buruk. Kali ini dengan jumlah besar, para remaja yang dikenal kaum milenial, berbondong-bondong meninggalkan media sosial pimpinan Mark Zuckerberg itu.

Diprediksi, jika tren ini terus berlangsung maka Facebook akan 'dihuni' sekelompok orang tua.

Sebuah survei dari Yayasan Pew menemukan bahwa situs web teratas di antara anak-anak berusia antara 13 dan 17 tahun adalah YouTube, yang digunakan oleh 85 persen remaja yang terlibat dalam penelitian ini.

Namun, banyak anak-anak masih dalam 'cengkeraman' Zuckerberg. Posisi kedua adalah Instagram milik Zuck (72 persen), diikuti Snapchat (79 persen).

Sedangkan di Facebook, tercatat hanya 51 persen remaja, akibat tingginya anak-anak muda berpaling dari jejaring sosial yang dulunya merupakan bagian penting dari kehidupan remaja itu.

"Lingkungan media sosial di kalangan remaja sangat berbeda dari apa yang terjadi tiga tahun lalu," kata rekan peneliti Monica Anderson, penulis utama laporan tersebut.

Saat itu, dia menambahkan, penggunaan media sosial remaja sebagian besar dikuasai Facebook. Hari ini, kebiasaan mereka kurang berputar di sekitar satu platform.

Kini, remaja lebih terhubung secara digital daripada sebelumnya. Hampir semua remaja memiliki akses ke smartphone dan lebih dari 40 persen mengatakan mereka online hampir secara konstan.

"Penggunaan smartphone sekarang hampir universal di kalangan remaja dengan 95 persen yang memiliki akses ke ponsel. Sekitar 45 persen melakukan online hampir terus-menerus," tulis penelitian tersebut.

Survei dilakukan terhadap 743 remaja AS usia 13 hingga 17 dilakukan antara 7 Maret dan 10 April 2018.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Facebook Ditinggalkan Kaum Milenial?

Terkait

Terkini