Sabtu, 04 April 2020

Sempat Geger, Ini 4 Skandal Terbesar Youtubers

Sempat menggegerkan jagat maya, inilah 4 skandal terbesar Youtubers.

Rendy Adrikni Sadikin
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Youtuber
Ilustrasi Youtuber

Hitekno.com - Tidak dapat dipungkiri, Youtube sekarang ini merupakan salah satu situs yang tidak bisa lepas dan menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari kita.

Ada beragam bentuk video yang disajikan oleh konten-konten kreator Youtube atau yang juga kita kenal dengan sebutan Youtubers itu yang dapat dengan gratis kita akses dan nikmati kapanpun dan dimanapun.

Namun tak jarang ada beberapa konten kreator yang melangkah jauh dalam pembuatan kontennya sehingga melanggar beberapa kebijakan-kebijakan yang telah dibuat dan disepakati oleh pihak youtube dan youtubers tersebut.

Di bawah ini tim Hitekno.com merangkum 4 skandal terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah Youtube dunia.

1. Sam Pepper

Jagat Youtube pernah dihebohkan oleh youtubers prankster, Sam Pepper.

Dalam video yang ditayangkan di channel pribadinya itu menunjukan Sam yang berjalan dan memegang bagian pantat dari beberapa wanita.

Video tersebut langsung saja menimbulkan kecaman dari berbagai netizen.

Sempat Geger, Ini 4 Skandal Terbesar Youtubers - 1

Sam kemudian mengaku bahwa video itu merupakan settingan belaka.

Namun diketahui wanita-wanita tersebut mengaku bahwa tindakan yang dilakukan Sam di luar sepengetahuan mereka dan Sam telah melakukan pelecehan seksual.

Tindakan Sam ini jelas melanggar kebijakan Youtube mengenai Konten Kekerasan dan Vulgar, yang melarang konten kreator untuk membuat video yang dinilai untuk mencari sensasi dan hal yang bersifat kurang sopan.

Setelah video tersebut menerima sejumlah keluhan, pihak Youtube kemudian mengambil keputusan untuk menghapusnya.

2. PewDiePie

Berlanjut pada Januari 2017, youtubers terkenal PewDiePie alias Felix Kjellberg membuat video yang berisi propaganda anti Yahudi dan pro gerakan ekstimisi Nazi.

Sempat Geger, Ini 4 Skandal Terbesar Youtubers - 2

Setelah video tersebut mendapat berbagai kecaman, Youtube kemudian mengambil tindakan dengan menghapus konten tersebut karena mengandung Konten Kebencian.

PewDiePie kemudian meminta maaf atas tindakannya tersebut.

3. Jake Paul

Agustus 2017 youtube kembali menuai kontroversi setelah youtubers dan adik dari Logan Paul yaitu Jake Paul membuat vlog yang berisi ujaran rasisme dan bullying.

Sempat Geger, Ini 4 Skandal Terbesar Youtubers - 3

Dalam video tersebut Jake memberikan komentar rasis soal terorisme pada seorang fansnya yang berasal dari Kazakhstan.

Youtube langsung bertindak tegas dengan menghapus video tersebut karena mengandung ujaran Kebencian.

4. Logan Paul

Yang terhangat dan terjadi pada penghujung tahun 2017 kemarin.

Kakak dari Jake Paul yaitu Logan Paul mendapat kecaman luar biasa dari netizen setelah memasukan konten yang melanggar bukan hanya satu tetapi dua dari kebijakan Youtube, antara lain; Membuat Konten yang Merugikan atau Berbahaya dan Konten Kekerasan atau Vulgar.

Sempat Geger, Ini 4 Skandal Terbesar Youtubers - 4

Vlog Logan Paul pada kunjungannya ke Jepang itu menunjukan mayat yang diduga korban bunuh diri di hutan Aokigahara yang dikenal sebagai “Hutan Bunuh Diri”.

Selang satu jam setelah video tersebut di tayangkan di channel pribadinya, Logan kemudian memutuskan menghapus sendiri video tersebut.

Logan pun meminta maaf dalam video berikutnya yang ia publish.

Terkait

Terkini