Games

Cegah Aksi Calo, Nintendo Terapkan Sistem Undian untuk Pokemon Cards

Aksi calo yang memborong lalu menjual dengan harga lebih tinggi tengah jadi persoalan dalam industri game, bahkan Pokemon Cards.

Agung Pratnyawan

Pokemon Cards. (Pokemon)
Pokemon Cards. (Pokemon)

Hitekno.com - The Pokemon Company dan Nintendo bakal melakukan penjualan Pokemon Cards secara online. Namun untuk mengaktisipasi adanya calo, mereka akan memberlakukan sistem undian.

Calo online telah menjadi maslaah tersendiri dalam industri game beberapa waktu ini. Seperti dalam peluncuran konsol game baru kemain.

Seperti peluncuran konsol game PlayStation 5 atau PS5 dan Xbox Series X kemarin telah bermunculan calo online yang membeli dengan harga besar dan menjualnya kembali dengan harga tinggi.

Hal itu juga menjadi masalah bagi para penggemar Pokemon Trading Card Game (TCG). Bahkan toko offline seperti Walmart dan Target juga tidak aman dari calo kartu Pokemon.

Target baru-baru ini menerapkan kebijakannya sendiri untuk menyelesaikan masalah tersebut calo online dalam pejualan kartu Pokemon ini.

Mulai bulan ini, Pokemon Cards hanya tersedia untuk dijual satu hari dalam seminggu dan calo yang menginap di toko terkadang diusir oleh polisi.

Dilansir dari Screen Rant pada Jumat (14/5/2021), Pokemon Company akan menerapkan sistem lotre untuk membeli Pokemon Cards di situsnya agar bisa mengontrol siapa yang mendapatkan paket kartu dan berapa banyak paket yang dibeli setiap pelanggan.

Pokemon Cards. (Pokemon)
Pokemon Cards. (Pokemon)

 

Pokemon Company meminta maaf kepada penggemar kartu Pokemon dalam sebuah pernyataan atas kesulitan untuk mendapatkan ekspansi baru Pokemon TCG.

Perusahaan mengakui bahwa ada permintaan yang jauh lebih tinggi untuk ekspansi Pokemon TCG baru daripada yang diantisipasi sebelumnya dan Pokemon Company akan memenuhinya dengan meningkatkan produksi.

Pokemon Cards memiliki nilai tinggi selama bertahun-tahun, terutama edisi pertama yang lebih lawas dan kartu holografik yang dirilis lebih awal.

Bulan lalu, kartu yang ditandatangani presiden Pokemon Company, Tsunekazu Ishihara, terjual hampir 250.000 dolar AS dalam sebuah lelang.

Tindakan menimbun barang dan dijual kembali dengan harga tinggi memang tidak akan hilang dalam waktu dekat, sehingga produsen seperti Pokemon Company dan retailer harus memastikan barang tersedia untuk publik dengan harga wajar.

Itulah langkah Nintendo dan Pokemon Company dalam mencegah aksi calo online dalam penjualan Pokemon Cards. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait