alexametrics
Games
Kamis, 06 Mei 2021

Sempat Beredar Emulator PlayStation Palsu di Google Play Store, Waspada!

Diklaim bisa memainkan game PlayStation 4 atau PlayStation 3, ternyata emulator palsu.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Controller PlayStation 4, DualShock 4. (PlayStation)
Controller PlayStation 4, DualShock 4. (PlayStation)

Hitekno.com - Sempat beredar emulator PlayStation palsu untuk Android di Google Play Store. Karena kemunculan software tersebut, diharapkan pengguna smartphone Android lebih mewaspadainya.

Di Google Play Store sendiri memang ada beberapa emulator, termasuk untuk memainkan berbagai game dari konsol lawas.

Mengingat kemampuan smartphone Android yang terus berkembang, dan kini punya performa cukup kuat dalam menjalankan game. Bahkan untuk emulator konsol game.

Namun, karena legalitas emulator yang tidak jelas, emulator resmi terkadang sulit dibedakan dengan emulator yang palsu.

Hal ini juga berlaku pada aplikasi emulator yang ditemukan di Google Play Store. Ada banyak aplikasi yang mengklaim sebagai emulator PlayStation 4 atau PlayStation 3 untuk Android.

Sayangnya, tidak ada satu pun yang berfungsi dengan benar. Sehingga diindikasikan sebagai emulator PlayStation palsu.

Meskipun ada emulator PS3 resmi untuk Windows atau Linux yang disebut RPCS3, emulator ini tidak memiliki port Android untuk menjalankan perangkat lunak tersebut.

Emulator PlayStation [Android Authority].
Emulator PlayStation [Android Authority].

 

Sehingga diimbau kepada setiap pengguna untuk berhati-hati terhadap emulator yang tersedia di Google Play Store karena hingga saat ini tidak ada emulator PS4 atau PS3 yang sah untuk Android.

Aplikasi tersebut bisa berbahaya bagi pengguna yang tidak mengetahuinya. Beberapa pengembang aplikasi di Play Store bahkan mengecoh pengguna dengan menukar kata "emulator" dan menggunakan kata "simulator" sebagai gantinya.

Sementara itu, beberapa aplikasi lainnya jauh lebih menipu. Aplikasi-aplikasi ini dengan jelas memberi label emulator dan bahkan menjelaskan cara menginstalnya hingga memainkan game PlayStation 4 atau PlayStation 3.

Namun, di bagian paling bawah deskripsi terdapat "disclaimer" yang menyatakan bahwa aplikasi tersebut bukan emulator yang sebenarnya dan "hanya untuk bercanda". Aplikasi seperti ini pada dasarnya tidak akan berfungsi saat diinstal.

Dilansir dari Android Authority pada Jumat (30/4/2021), tren ini bisa dimanfaatkan orang lain untuk membuat aplikasi yang dapat menyebarkan semacam malware.

Mengingat saat ini tidak ada emulator PlayStation 4 atau PlayStation 3 yang sah untuk Android, pengguna dapat mengetahui status emulator aktual di Android dengan mengeceknya di wiki emulator terpercaya.

Itulah temuan beberapa emulator PlayStation palsu yang beredar di Google Play Store untuk smartphone Android. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini