Games
Minggu, 11 April 2021

Bocoran Nintendo Switch Baru, Tetap Pakai GPU Nvidia dan Mendukung DLSS

Sekuat apa GPU Nintendo Switch untuk bisa menjalankan DLSS nanti?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Nintendo Switch. (Nintendo)
Nintendo Switch. (Nintendo)

Hitekno.com - Nintendo Switch versi baru telah ditunggu-tunggu kehadirannya. Namun seolah perusahaan asal Jepang ini masih menyimpan rapat-rakat soal konsol game handheld baru mereka ini.

Namun bukan berarti tidak ada bocoran yang muncul, yakni paling baru diketahui sejumlah komponen yang akan digunakan dalam Nintendo Switch baru mendatang.

Menurut laporan Bloomberg, Nintendo kembali menggandeng Nvidia sebagai pemasok dapur pacu konsol game handheld ini. Bahkan akan memakai teknologi baru dari perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut.

Sebagai informasi, Nintendo Switch saat ini menggunakan chip Nvidia Tegra X1. Namun sayangnya belum diketahui chip apa yang akan digunakan untuk versi barunya nanti.

Namun menurut laporan, perangkat handheld Nintendo ini nanti akan mendukung teknologi Deep Learning Super Sampling (DLSS) dari Nvidia. Teknologi yang melakukan upscalling resolusi dengan kualitas tinggi.

Dengan teknologi DLSS ini, tidak menutup kemungkinan kalau Nintendo Switch bisa menghasilkan gambar beresolusi 4K. Mengingat teknologi ini mulai ramai digunakan pada kartu grafis PC.

Namun jangan harapkan konsol game ini akan menjalankan game secara native 4K. Karena DLSS akan melakukan upscaling atau pembesaran dari resolusi aslinya, yang lebih kecil.

Nvidia Tegra X1. (Nvidia)
Nvidia Tegra X1. (Nvidia)

 

Di lain sisi, PCMag.com melaporkan kalau Nvidia telah menghentikan produksi chip Tegra X1+. Yang menimbulkan dugaan kalau Nintendo Switch akan memakai chip baru untuk memungkinkan bisa mejalankan DLSS.

Namun sampai sejauh ini, Nvidia belum dilaporkan memiliki chip lain yang menggantikan Tegra. Namun ada chip lain dengan kode Xavier yang memiliki CPU Octa-core, 512 CUDA core, jelas jauh lebih cepat dri Tegra X1.

Nvidia juga memiliki Jetson TX2, sama-sama chip berbasis ARM dan punya spesifikasi mendekati Tegra X1. Namun tidak cukup memberikan lonjakan performa pada konsol game handheld baru nanti.

Menariknya, yang saat ini bisa menggunakan DLSS setidaknya kartu grafis seri RTX dengan Tensor Core. Akankah Nintendo Switch nanti akan memakai GPU sekuat GeForce RTX 2060?

Jika memang disiapkan chip baru dengan performa tinggi GPU setara GeForce RTX 2060, tentunya akan berdampak pada harga Nintendo Switch nantinya. Terlebih ada bocoran sebelumnya yang menyebutkan akan memakai layar OLED.

Menurut laporan Bloomberg, upgrade hardwar ini diprediksi bisa menaikkan harga Nintendo Switch antara 50 sampai 100 dolar AS dibandingkan versi yang sekarang beredar.

Sebagai catatan, laporan di atas masih sekadar bocoran saja. Kita nantikan saja seperti apa Nintendo Switch baru mendatang. Apakah benar harganya naik karena upgrade hardware?

Terkait

Terkini