Games
Sabtu, 17 April 2021

Perusahaan Induk TikTok Caplok Moonton, Ini Pernyataan ByteDance

Moonton selaku developer dari game Mobile Legends telah diakuisisi ByteDance.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
Logo Mobile Legends yang baru. (Facebook/ Mobile Legends Bang Bang)
Logo Mobile Legends yang baru. (Facebook/ Mobile Legends Bang Bang)

Hitekno.com - ByteDance, perusahaan induk di balik platform video pendek TikTok memperluas bisnisnya pada industri game. Berdasarkan pernyataan resmi perusahaan, ByteDance secara resmi mengakuisisi Moonton, developer dari Mobile Legends.

Perlu diketahui, Mobile Legends sendiri termasuk game MOBA mobile yang sangat populer secara global terutama di Asia Tenggara.

Bahkan laga eSports resmi mereka seperti M1 & M2 World Championship, MPL Invitational dan MPL Indonesia berhasil menggaet jutaan penonton.

Akuisisi ByteDance membuat mereka membuat terobosan besar ke dalam bisnis video game. Menurut laporan dari Reuters, unit video game dari ByteDance, Nuverse telah setuju untuk mengakuisisi Mooton Technology yang berbasis di Shanghai.

"Melalui kolaborasi lintas tim dan memanfaatkan pelajaran serta wawasan dari pertumbuhannya yang pesat, Moonton memberikan dukungan strategis yang diperlukan untuk mempercepat penawaran game global Nuverse," kata ByteDance dalam sebuah pernyataan resmi dikutip dari Reuters.

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/Kon Karampelas)
Ilustrasi TikTok. (Unsplash/Kon Karampelas)

 

Yuan Jing, CEO Mooton, mengatakan perusahaan akan beroperasi secara independen dari ByteDance setelah akuisisi. Sumber tersebut mengatakan kepada Reuters dengan syarat anonim mengingat ia tidak berwenang berbicara terkait pers.

Tencent, perusahaan video game dan media sosial terbesar di China, diketahui pernah mengajukan penawaran untuk Mooton. Namun sepertinya tawaran dari ByteDance lebih cocok dibandingkan Tencent.

Surat internal CEO Mutong Technology - Moonton Yuan Jing (Justin) kepada karyawan perusahaan sudah disebarkan oleh blog Nadianshi.com.

Logo M2 World Championship. (YouTube/ Mobile Legends Bang Bang)
M2 World Championship, laga eSports Mobile Legends tingkat dunia. (YouTube/ Mobile Legends Bang Bang)

 

"Hari ini, kami mengumumkan kabar baik kepada semua orang bahwa Mutong telah mencapai kesepakatan akuisisi strategis dengan Bytedance, dan Mutong akan bergabung dengan keluarga Bytedance. Setelah akuisisi, Mutong akan mempertahankan operasi independen dan memperkuat integrasinya yang mendalam dengan ByteDance di bidang game dan e-sports. Setelah merger ini, Mutong akan terus beroperasi secara independen, dan saya akan tetap sebagai CEO, dan jalur pelaporan Mutong tidak akan berubah. Selama masa transisi, perusahaan juga akan mengeluarkan bonus transisi tambahan dan memulai program insentif karyawan," tulis penggalan dari pernyataan resmi dari CEO Moonton.

Mengingat itu adalah memo internal, Moonton belum mengeluarkan pernyataan resmi terhadap akuisisi tersebut. Tim HiTekno.com mencoba untuk menghubungi PR dari Moonton Indonesia. Mereka dikabarkan segera mengeluarkan pernyataan resmi terkait akuisisi.

"Saat ini saya masih belum bisa berkomentar, namun dalam waktu dekat memang akan ada pengumuman terkait hal tersebut," kata Azwin Nugraha selaku Public Relations Manager Esports Moonton.

Masuknya ByteDance dengan mengakusisi Moonton tentu termasuk terobosan yang sangat besar bagi perusahaan teknologin itu dalam menembus industri video game.

Terkait

Terkini