Games
Sabtu, 10 April 2021

GothamChess Blokir Indonesia di YouTube, Tak Kuat Hadapi Galaknya Netizen?

Inikah bukti galaknya netizen +62?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
GothamChess. (YouTube)
GothamChess. (YouTube)

Hitekno.com - Levy Rozman, atau lebih dikenal sebagai GothamChess tengah panas jadi pembicaraan netizen Indonesia. Bahkan saking ramainya, pecatur dunia ini sampai memblokir Indonesia dari channel YouTube miliknya.

Tak hanya itu, GothamChess juga telah mengunci semua akun sosial media miliknya. Baik akun Instagram maupun Twitter milik pria ini telah dikunci setelah banjir beragam komentar netizen Indonesia.

Tidak lain karena aksinya yang menuduh pecatur Indonesia, Dadang Subur alias Dewa_Kipas melakukan kecurangan dalam pertandingan catur online Chess.com belum lama ini. Yang membuat akun milik Dewa_Kipas kena banned.

Dewa_Kipas adalah seorang bapak-bapak asal Tasikmalaya yang memang gemar bermain catur. Ia mengenal catur online dari anaknya, dan mulai permainan ini hingga berhadapan dengan GothamChess yang telah menjadi pemain tingkat dunia.

Pertandingan ini juga disiarkan GothamChess melalui streaming di Twitch, sehingga banyak orang bisa menyaksikannya. Namun saat Dadang Subur berhasil mengalahkan pecatur dunia ini, tak berselang lama akunnya justru terblokir.

Channel YouTube GothamChess. (YouTube)
Channel YouTube GothamChess. (YouTube)

 

Melihat akun Dewa_Kipas kena banned setelah mengalahkan GothamChess, bahkan dituduh telah curang menggunakan softwar dalam catur online, netizen Indonesia tampak ramai di media sosial yang memprotesnya.

Saking ramainya komentar protes netizen Indonesia, tak berselang lama Levy Rozman mengunci semua akun media sosial miliknya. Dan paling baru, channel YouTube disinyalir telah memblokir penonton dari Indonesia.

Ketika menggunakan akun Google atau YouTube Indonesia, maka channel milik pecatur dunia ini tidak akan menampilkan video apapun. Begitu juga ketika membuka video melalui link, muncul tulisan "Video unvailable".

Ketika tim HiTekno melakukan pengecekan menggunakan "Check YouTube Video Region Restrictions Online" didapati kalau memang video di channel YouTube GothamChess telah memblokir penonton dari Indonesia.

Channel YouTube GothamChess blokir penonton dari Indonesia. (watannetwork.com)
Channel YouTube GothamChess blokir penonton dari Indonesia. (watannetwork.com)

 

Namun jika diakses lewat Singapura, kita bisa membuka setiap video di channel YouTube GothamChess tersebut. Selain itu, ia juga menyembunyikan jumlah like dan dislike pada video terbarunya yang diunggah 3 Maret 2021 kemarin.

Akankah pemblokiran ini dikarenakannya ramai komentar netizen Indonesia pada channel YouTube GothamChess setelah persoalannya dengan Dewa_Kipas dalam pertandingan catur online sebelumnya?

Terkait

Terkini