Games
Senin, 19 April 2021

Profil GothamChess, Gamer Catur yang Dikalahkan Bapak-bapak Asal Indonesia

Gamer catur online yang belakangan ini dibicarakan usai dikalahkan bapak-bapak Indonesia Dadang Subur atau Dewa_Kipas.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
GothamChess. (YouTube)
GothamChess. (YouTube)

Hitekno.com - Gamer catur dunia GothamChess sedang menjadi perbincangan publik usai dikalahkan oleh pemain catur online asal Indonesia, Dadang Subur atau yang lebih dikenal sebagai Dewa_Kipas pada situs Chess.com.

Akun bernama Dewa_Kipas itu diketahui hilang usai memenangkan permainan catur bersama Levy Rozman atau dikenal sebagai GothamChess.

Lantas siapa sebenarnya sosok dibalik GothamChess yang berhasil dikalahkan oleh pemain catur asal Indonesia ini?

Profil GothamChess

GothamChess. (YouTube)
GothamChess. (YouTube)

 

GothamChess yang bernama asli Levy Rozman merupakan seorang Youtuber, Twitch Streamer sekaligus catur international master. Pria kelahiran Brooklyn, New York 25 tahun ini diketahui sebagai pemain andal dalam salah satu platform catur terpopuler, Chess.com.

Rupanya kemampuan bermain catur ini telah Ia peroleh sejak mengikuti turnamen pertamanya di usia 7 tahun. Pada tahun 2018 Rozman berhasil mencapai gelar International Chess Master.

Youtuber

Dalam akun Youtube yang juga diberi nama GothamChess, Rozman kerap berbagi pengalamannya bermain catur secara online kepada 699.000 subscribernya. Selain di Youtube, Rozman juga kerap menyapa penggemarnya dengan melakukan streaming di Twitch

Kalah dari pemain Indonesia, Dewa_Kipas

Belum lama ini, GothamChess berhasil dikalahkan oleh pemain asal Indonesia dalam pertandingan catur online di Chess.com. Akun dengan nama Dewa_Kipas alias Dadang Subur, pria asal Tasikmalaya ini berhasil mengalahkan seorang International Chess Master.

Pertandingan ini juga disiarkan Gotham Chess melalui streaming di Twitch, sehingga banyak orang bisa menyaksikannya. Namun saat Dadang Subur berhasil mengalahkan Gotham Chess tak berselang lama akunnya justru terblokir.

Kronologi Pemblokiran Akun

Ilustrasi catur. (Pixabay/jarmoluk)
Ilustrasi catur. (Pixabay/jarmoluk)

 

Melalui akun Facebook-nya, Ali Akbar yang merupakan putra Dadang Subur menuturkan bahwa pemblokiran akun ayahnya dilakukan oleh para pendukung GothamChess yang merasa tidak terima karena idolanya dikalahkan.

Kekalahan GothamChess dalam pertandingan yang ditayangkan secara online itu membuat para  penggemarnya berbondong-bondong melaporkan akun Dewa_Kipas hingga membuat pihak Chess.com menangguhkannya.

Menurut Ali, kekalahan GothamChess merupakan hal yang wajar, mengingat ayahnya juga merupakan seorang pemain catur profesional. Pada tahun 2005 lalu, Dadang Subur berhasil mendapat juara satu turnamen catur Kota Singkawang, namun kini Ia sudah pensiun dan hanya bermain catur online

Berakhir Damai

Pihak GothamChess rupanya telah menghubungi Ali untuk menyelesaikan permasalahan yang menimpa ayahnya. Keduanya juga tidak berencana untuk melakukan pertandingan ulang namun Ali hanya meminta postingan bernada negatif terkait ayahnya di Internet segera dihapus.

Itulah profil GothamChess yang belakangan ini dibicarakan usai pertandingan caturnya dengan Dadang Dewa Kipas viral. (Suara.com/Farah Nabilla)

Terkait

Terkini