Games
Senin, 19 April 2021

Pemerintah AS Sampai Turun Tangan Soal Kelangkaan PS5, Kenapa?

Ada apa dengan PS5 ini?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
PlayStation 5 Digital Edition. (PlayStation)
PlayStation 5 Digital Edition. (PlayStation)

Hitekno.com - Ketersediaan PlayStation 5 atau PS5 di pasaran masih langka untuk sejumlah negara. Bahkan sampai pemerintah Amerika Serikat (AS) mau ikut meninjau persoalaan konsol game terbaru ini.

Presiden AS Joe Biden, bahkan telah menandatangani perintah eksekutif untuk meninjau masalah rantai pasokan yang berdampak pada kelangkaan barang.

Yang di dalamnya termasuk soal konsol game seperti PS5 dan Xbox Series X, juga kartu grafis.

Tindakan Presiden AS ini dipicu karena semua produsen kekurangan komponen semikonduktor global sejak awal munculnya pandemi tahun lalu.

Semikonduktor umumnya dikenal sebagai chip yang digunakan ke dalam berbagai produk seperti ponsel, komputer, hingga konsol game seperti PS5 dan Xbox Series X atau S.

"Ini tentang memastikan bahwa Amerika Serikat dapat memenuhi setiap tantangan yang kita hadapi di era baru ini," kata Biden, menjelang penandatanganan perintah di Gedung Putih, dikutip dari NBC News, Jumat (26/2/2021).

"Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melindungi dan mempertajam keunggulan kompetitif Amerika dengan berinvestasi di sini, di dalam negeri," tambahnya.

Dua versi PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)
Dua versi PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

 

Perintah eksekutif meminta peninjauan 100 hari untuk menilai kerentanan dan area untuk perbaikan rantai pasokan dalam empat area, yakni farmasi, mineral langka, chip semikonduktor, dan baterai berkapasitas besar.

Perintah itu juga menyerukan peninjauan terpisah selama setahun terhadap enam rantai pasokan yang lebih luas, yakni pertahanan, kesehatan masyarakat, teknologi komunikasi, energi, transportasi, dan produksi makanan.

Biden mengatakan bahwa solusi masalah rantai pasokan bertujuan meningkatkan meningkatkan produksi dalam negeri.

Selain itu, pemerintahnya juga bakal melakukan bekerja sama dengan pihak lain untuk mencegah kekurangan di masa depan.

Meski begitu, Biden tidak menjamin bisa segera memperbaiki kekurangan komponen semikonduktor. Namun, ia menekankan tinjauan ini untuk mengatasi masalah pasokan demi menghindari krisis di masa depan.

"Kami semua menyadari bahwa masalah tertentu tidak akan segera bisa diselesaikan. Sementara itu, kami menjangkau sekutu kami, perusahaan semikonduktor, dan lainnya dalam rantai pasokan, untuk meningkatkan produksi guna membantu kami menyelesaikan kekurangan sekarang," kata Biden.

Sebagaimana diketahui, kekurangan pasokan semikonduktor sudah dibahas oleh tokoh-tokoh yang bergerak di industri game.

Hands-On controller DualSense PS5. (YouTube/ thegameawards)
Hands-On controller DualSense PS5. (YouTube/ thegameawards)

 

Beberapa waktu lalu, CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan mengatakan, kelangkaan PlayStation 5 ini disebabkan kurangnya chip semikonduktor, di luar permintaan konsumen yang sangat tinggi.

Hal tersebut juga diperparah dengan adanya pandemi Covid-19 yang memaksa sebagian penjualan berlangsung secara online dan para penimbun yang melakukan pembelian lewat akun bot.

Sony bukan satu-satunya perusahaan yang mengalami kesulitan pasokan konsol game. Microsoft dengan produk Xbox terbarunya mengatakan bahwa mereka akan mengalami kendala pasokan, setidaknya hingga Juni 2021.

Itulah tindakan pemerintah AS melalui perintah eksekutif Joe Biden yang akan melakukan peninjauan terkait kelangkaan konsol game PS5 dan Xbox Series X juga kartu grafis. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Terkait

Terkini