Games
Kamis, 04 Maret 2021

E3 2021 Dipastikan Bakal Digelar, Kapan?

Seperti apa nantinya E3 2021 setelah batal di 2020?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
E3 2019. (E3Expo)
E3 2019. (E3Expo)

Hitekno.com - Electronic Entertainment Expo (E3) dipastikan akan kembali digelar tahun ini, setelah sempat dibatalkan pada 2020. Nantinya E3 2021 dipastikan akan digelar secara digital.

Dimuat Suara.com, Asosiasi Perangkat Lunak Hiburan mengumumkan secara resmi akan menggelar hajatan besar dalam industri video gameini.

Seperti diwartakan Video Games Chronicle, event E3 2021 ini diprediksi akan digelar secara digital. Disinyalir, acara ini akan diadakan mulai 15 Juni hingga 17 Juni 2021 mendatang.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa kami mengubah pengalaman E3 (Electronic Entertainment Expo) untuk 2021. Dan akan segera membagikan detail persisnya tentang cara kami menyatukan komunitas video game global," kata juru bicara ESA dilansir laman The Verge, Selasa (9/2/2021).

Menurut Video Games Chronicle, ESA telah menguraikan rencananya untuk E3 2021, seperti mengadakan beberapa sesi keynote dua jam dari mitra game, acara penghargaan, malam pratinjau pada 14 Juni.

Selain itu ditambah beberapa streaming kecil dari berbagai penerbit game, influencer, dan mitra media.

Video Games Chronicle juga mencatat bahwa garis besar ESA mengusulkan bahwa acara siaran akan dilengkapi dengan pratinjau media seminggu sebelumnya, dan demo game yang dijadwalkan untuk muncul di acara tersebut akan dirilis di platform konsumen.

E3 2020. (ESA)
E3 2020. (ESA)

 

ESA juga akan memungkinkan perusahaan mitra untuk melakukan streaming demo game, yang dapat dimainkan dari jarak jauh ke media di “ribuan” pertemuan yang dijadwalkan.

Meskipun keseluruhan rencana terdengar ambisius, tapi masih memerlukan persetujuan dari keanggotaan ESA, yang terdiri dari beberapa perusahaan terbesar di industri, yang juga memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur acara.

Secara tradisional, E3 telah menjadi salah satu minggu terbesar di industri game, dengan acara tersebut menampilkan beberapa pengumuman terbesar tahun ini.

Namun beberapa tahun terakhir, ESA menghadapi tekanan dengan mendefinisikan ulang E3 karena penerbit besar, seperti Sony, telah memilih untuk melewatkan acara sepenuhnya demi menyelenggarakan acara sendiri di sekitar minggu biasanya E3 diadakan.

Setelah pembatalan E3, banyak acara digital diadakan untuk mengisi kekosongan, terutama Summer Games Fest yang diselenggarakan oleh veteran industri Geoff Keighley.

Ini adalah pertama kalinya ESA mengadakan E3 setelah organisasi membatalkan E3 2020 karena kekhawatiran terhadap pandemi Covid-19.

Kita nantikan saja E3 2021 mendatang yang dipastikan tidak dibatalkan seperti tahun lalau. Seperti apakah event digital ini nantinya? (Suara.com/ Dythia Novianty).

Terkait

Terkini