Games
Kamis, 04 Maret 2021

Game Nomor 1 di Playstore, Populer dan Nggak Terlalu Berat

Game nomor 1 di Playstore bisa dimainkan oleh HP berspesifikasi rendah.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
game nomor 1 di Playstore - Ilustrasi Play Store. (Shutterstock)
game nomor 1 di Playstore - Ilustrasi Play Store. (Shutterstock)

Hitekno.com - Untuk mencari judul yang tengah hype, pengguna Android pasti mencari game nomor 1 di Playstore. Terdapat beberapa kategori di Play Store termasuk Top Paid, Top Free, dan Top Grossing.

Pada kategori Top Paid (game berbayar), game nomor 1 diduduki oleh RFS - Real Flight Simulator. Sementara tempat kedua dan ketiga adalah Infinite Flight - Flight Simulator dan Minecraft.

Kategori Top Free ditempati oleh Higgs Domino Islands yang diikuti oleh Roof Rails, Omega Legends, Mobile Legends, dan Join Clash 3D. Pada kategori Top Free, posisi selalu berubah-ubah dalam kurun waktu beberapa hari hingga satu minggu.

Meski begitu, beberapa game populer seperti Mobile Legends: Bang Bang, Worms Zone, Free Fire, dan PUBG Mobile selalu langganan berada di Top Free. Kategori Top Free biasanya mengikuti selera pengguna Android, misalnya apakah mereka cenderung menyukai game action, board, strategi, atau shooter.

Pada kategori Top Grossing (game dengan pertumbuhan terpesat), game nomor 1 di Playstore ditempati oleh Free Fire. Peringkat kedua hingga kelima yaitu Higgs Domino Islands, Mobile Legends, Lords Mobile: Kingdom Wars, dan PUBG Mobile.

Game nomor 1 di Play Store kategori Top Free. (HiTekno.com)
Game nomor 1 di Playstore kategori Top Free. (HiTekno.com)

 

Berdasarkan ketiga kategori di atas, maka game dengan kepopuleran tertinggi jatuh kepada Free Fire, Mobile Legends, dan PUBG Mobile.

Data dari Play Store membuat kami menilai bahwa game nomor 1 jatuh ke tangan Free Fire. Pasalnya, game Battle Royale bergenre shooter ini memang memiliki pertumbuhan signifikan dan jumlah pengguna yang sangat banyak.

Pada Agustus 2020 lalu, pemain aktif bulanan Free Fire telah mencapai lebih dari 100 juta. Data dari Play Store sendiri menyebutkan bahwa jumlah unduhan Free Fire telah mencapai 500.000.000+.

Game nomor 1 di Play Store kategori Top Grossing. (HiTekno.com)
Game nomor 1 di Playstore kategori Top Grossing. (HiTekno.com)

 

Angkat tersebut lebih tinggi dibandingkan Mobile Legends dan PUBG Mobile dengan statistik unduhan 100.000.000+.

Data dari Playstore sejalan dengan penghargaan yang diterima oleh Free Fire. Pada November 2020 lalu, Free Fire berhasil meraih penghargaan di Esports Awards 2020. Free Fire yang diterbitkan oleh Garena berhasil meraih penghargaan Mobile Game of the Year. Itu berarti Free Fire merupakan game mobile terbaik di tahun 2020.

Beberapa game yang masuk nominasi yaitu PUBG Mobile, Mobile Legends, Call of Duty: Mobile, Clash of Clans, Brawl Stars, Arena of Valor, dan Free Fire.

Kolaborasi Garena Free Fire Dengan Serial Netflix Money Heist. (dok. Garena)
Kolaborasi Garena Free Fire Dengan Serial Netflix Money Heist. (dok. Garena)

 

Cukup menarik mengingat Free Fire juga mengandaskan game Battle Royale favorit lainnya seperti PUBG Mobile dan COD Mobile. Menurut laporan dari Sensor Tower, Free Fire telah memperoleh 225 juta unduhan dalam tiga kuartal pertama tahun 2020.

Gameplay cepat dan kompabilitas dengan smartphone kelas bawah adalah beberapa alasan yang membuat Free Fire begitu populer.

Tak terlalu berat, pengguna hanya perlu menyiapkan memori sekitar 620-706 MB saja untuk mengunduhnya pertama kali. HP dengan RAM 2 GB juga masih lancar memainkan Free Fire sehingga memungkinkan perangkat berspesifikasi rendah dapat menjalankannya.

Wadah untuk mengakomodasi para pemain di tingkat profesional juga rutin digelar. Free Fire Master League konsisten digelar oleh Garena sejak 2015 lalu. Itulah tadi game nomor 1 di Playstore yang jatuh kepada Free Fire, tertarik memainkannya?

Terkait

Terkini