Games
Minggu, 07 Maret 2021

Perangi Pemain Toxic, Dota 2 Benamkan Sistem "Overwatch"

Bye-bye player toxic!

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
Logo Dota 2. (Twitter/ Dota2)
Logo Dota 2. (Twitter/ Dota2)

Hitekno.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa terkadang kita menemukan banyak player toxic di game MOBA, termasuk Dota 2. Kini Valve bertindak untuk memerangi player Toxic dengan membenamkan sistem "Overwatch".

Itu bukan dari game FPS Blizzard Entertainment, namun ini semacam sistem yang diklaim mampu memberantas player dengan perilaku negatif.

Pembaruan sistem Overwatch diketahui melalui akun dan blog resmi Dota 2.

"Update mengenalkan alat ampuh untuk membantu komunitas mengatur perilaku negatif di antara jajarannya - Overwatch," tulis akun resmi Dota 2 pada 28 Januari 2021.

Dikutip dari PC Invasion, sistem Overtwatch Dota 2 didasarkan pada komunitas yang meninjau dirinya sendiri.

Dota 2 didukung dengan sistem Overwatch anyar. (Twitter/ Dota 2)
Dota 2 didukung dengan sistem Overwatch anyar. (Twitter/ Dota 2)

 

Dengan kata lain, selain sistem yang dikelola oleh Valve, ada bantuan dari orang lain, terutama komunitas untuk memerangi player toxic. Bisa dibilang ini semacam bantuan dari "good guy" vs "bad guy".

Pemain dengan skor tinggi berperilaku baik dalam game akan diminta untuk meninjau tayangan ulang untuk perilaku player toxic. Bagian tertentu dari pemutaran ulang akan ditandai, jadi Anda tidak perlu menonton semuanya.

Setelah meninjau kasus tersebut, Anda akan dapat memutuskan apakah akun yang dipermasalahkan itu bersalah, tidak bersalah, atau buktinya tidak cukup.

Sistem Overwatch pada Dota 2. (blog.dota2.com)
Sistem Overwatch pada Dota 2. (blog.dota2.com)

 

Jika Valve menganggap ulasan Anda akurat, pemain akan diberi skor akurasi tinggi. Menyalahgunakan sistem dan memalsukan akun akan memberi Anda skor akurasi yang rendah. Akhirnya, Anda bisa kehilangan kemampuan untuk berpartisipasi dalam Overwatch sepenuhnya.

"Sama seperti di CS: GO, Overwatch untuk Dota 2 menyediakan sistem yang memungkinkan anggota komunitas yang bereputasi baik untuk memverifikasi validitas laporan yang menandai tindakan mengganggu dalam game.Pemain yang memenuhi syarat terkadang akan diberi tahu di bawah foto profil mereka bahwa mereka memiliki opsi untuk meninjau kasus. Peninjau akan mendapatkan skor akurasi untuk upaya mereka, dan mereka yang bersalah akan menerima skor yang lebih rendah," tulis keterangan pada blog resmi Dota 2.

Jika Overwatch ini benar-benar efektif ke depannya, semoga saja player toxic dengan skill atau umpatan negatif bisa berkurang di game Dota 2.

Terkait

Terkini