Games
Minggu, 28 Februari 2021

Apa Itu GameStop, Kenapa Sahamnya Bisa Melambungg Tinggi?

Apa hubungannya dengan cuita Elon Musk belum lama ini?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Logo GameStop. (GameStop)
Logo GameStop. (GameStop)

Hitekno.com - GameStop sedang ramai jadi pembicaraan, bahkan sampai masuk di Google Trends dan Trending Topik Twitter. Dari global bahkan sampai Indonesia ramai membahas saham GameStop yang naik tinggi.

Namun apa itu GameStop, kenapa bisa ramai jadi pembincaraan dan harga sahamnya bisa melambung tinggi?'

Dan apa hubungannya dengan Elon Musk, yang disebut-sebut ikut serta dalam pendongkraan harga saham GameStop belum lama ini.

Dilaporkan, kalau saham persuhaan ini terus melonjak bahkan hingga 30 persen ke angka 327 dolar Amerika Serikat (AS) dalam waktu singkat.

Apa itu GameStop, perusahaan ini adalah salah satu pengecer produk video game, elektronik, layanan nirkabel dan bahkan menjual mainan yang bermarkas di Grapevine, Texas, Amerika Serikat.

Perusahaan game ini telah mengoperasikan 6.457 toko yang ada di Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Selandia Baru, Australia dan Eropa.

GameStop juga memiliki situs video game Kongregate, majalah Game Informer, Simply Mac, pengecer untuk produk Apple dan Spring Mobile.

Ilustrasi main game di TV. (Pixabay)
Ilustrasi main game di TV. (Pixabay)

 

GameStop telah membagi bisnisnya menjadi dua yakni pada bidang video game dan teknologi.

Bisnis teknologi GameStop muncul pada tahun 2013 dengan mengelola Simply Mac, Spring Mobile dan Aio Wireless. Sementara bagian video game meliputi toko-toko pengecer video game dan elektronik seperti Kongregate dan buymytronics.com.

GameStop juga memiliki majalah yang bernama Game Informer. Majalah ini dijual dengan sistem berlangganan yang bisa didapatkan pada lokasi penjualan GameStop.

Dengan berlangganan majalah Game Former, pelanggan akan mendapatkan kartu PowerUp Rewards atau kartu apresiasi yang berfungsi sebagai diskon semua aksesoris dan permainan sebesar 10 persen. Pelanggan majalah Game Former juga mendapat kupon Buy 2 Get 1 Free dan Epic Rewards Giveaway pada setiap pembeliannya.

Saham GameStop Melambung

Ilustrasi saham. (Pixabay)
Ilustrasi saham. (Pixabay)

 

Saham GameStop melonjak sejak pembukaan perdagangan pada hari Senin (25/1/2021). Harga saham GameStop (GME) melonjak karena penanam modal ventura dari Social Capital yang bernama Chamath Palihapitiya mengklaim telah membeli saham GameStop dengan jumlah yang sangat besar.

Oleh karena itu para pembeli saham di Twitter dan Reddit berbondong-bondong untuk membeli saham GameStop karena prediksi bahwa harga akan terus naik.

CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk juga melontarkan tweet-nya dengan kata “Gamestonk!!” dengan tautan ke halaman Reddit “wallstreetbets”. Postingan Elon Musk ini menjadi faktor pendorong yang membuat harga saham GameStop kini kian naik.

Dengan ini, investor akan senang dan memanfaatkan momen ini untuk mencari uang dengan menjual barang untuk membeli saham ini. Momen ini dapat disebut sebagai short squeeze yang membuat orang-orang berbondong untuk membeli saham.

Itulah penjelasan tentang apa itu GameStop yang harga sahamnya melambung gara-gara cuitan Elon Musk.

Akankah harga saham GameStop masih terus naik setelah keramaian ini? (Suara.com/ Muhammad Zuhdi Hidayat).

Terkait

Terkini