Senin, 18 Januari 2021

Cek Dulu Perbedaan PS4 dan PS5, Pilih Mana?

Sebelum beli, cek dulu perbedaan PS4 dan PS5 berikut.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)
PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

Hitekno.com - Berbicara mengenai game konsol, tentu yang terlintas dibenak Anda pertama kali adalah PlayStation, bukan? Meski bukan satu-satunya game konsol yang populer, namun bisa dibilang PlayStation merupakan game konsol yang paling populer, khususnya di Indonesia. Baik seorang gamers atau bukan, bisa dipastikan jika mereka tahu akan kehadiran game konsol satu ini. Buktinya, setiap kali Sony mengumumkan perilisan game konsol terbaru, masyarakat Indonesia langsung heboh dan dengan mudah menjadikannya trending topic. Hal inilah yang juga terjadi pada kabar perilisan PS5 Bulan November lalu.

PS5 yang merupakan generasi terbaru dari PlayStation baru saja rilis pada pertengahan November kemarin. Meski belum rilis resmi di Indonesia, namun tetap saja kabar perilisan resminya mampu membuat gamers tak sabar untuk memilikinya. Bahkan, media sosial sempat dihebohkan akan munculnya filter PS5. Mengingat ini produk terbaru, bisa dipastikan jika PS5 hadir dengan berbagai macam peningkatan. Baik itu pada aspek hardware, resolusi gambar, dan lain sebagainya.

Mengingat generasi terbaru dari PlayStation sudah hadir, tidak sedikit pula dari para gamers yang masih menginginkan PS4 yang jelas-jelas sudah rilis beberapa tahun lalu. Pasalnya, sudah bisa dipastikan jika PS4 akan memiliki harga beli yang turun. Lantas, manakah yang seharusnya Anda pilih? Jika Anda juga kebingungan, yuk simak perbedaan spesifikasi dari keduanya.

Desain

Sebelum membahas mengenai grafik atau aspek lainnya, terlebih dahulu cek perbedaan desain dari keduanya. Dibandingkan dengan PS4, PS5 mengusung desain yang tampak begitu modern dan futuristik. Dominasi warna putih yang dimiliki membuat game konsol ini begitu elegan. Tidak hanya terlihat bagus saat berada di posisi horizontal, meletakkan PS5 pada posisi vertikal juga tetap membuatnya elegan.

Sebaliknya, PS4 reguler maupun PS4 Pro hadir dengan bentuk yang terbilang monoton dengan balutan warna hitam di dalamnya. Pemilihan warna hitam ini sama.seperti generasi sebelumnya, yakni Ps3 yang juga dibaluti dengan warna hitam. Dengan hadirkan desain berwarna putih yang elegan dan berbeda dari sebelumnya, tidak heran jika banyak orang yang jatuh hati dan tak sabar ingin memiliki PS5. Apabila PS4 dan PS5 Anda sandingkan di tempat yang sama, bisa dipastikan Anda mudah mengenali mana yang merupakan PlayStation generasi terbaru.

PlayStation 5. (PlayStation)
PlayStation 5. (PlayStation)

 

Grafik

PS4 dan PS5 keduanya sama-sama mendapat dukungan dari chip AMD Radeon khusus. Hanya saja, chipset yang ada pada PS5 diklaim jauh lebih kuat dan bertenaga. Hal ini dikarenakan PS5 memiliki jumlah CU yang lebih banyak. Berbeda dengan PS4 yang memiliki 18 CPU, Sony menyematkan 36 CPU pada generasi yang terbaru.

Jumlah CPU yang meningkat hingga 2 kali lipat ini membuat PS5 memiliki kecepatan lock yang juga lebih tinggi. Kinerja PS5 yang lebih cepat dan efisien akan membuat pengalaman bermain Anda semakin menyenangkan saja. Bahkan, memainkan berbagai macam game berat akan tetap nyaman dengan game konsol ini.

Resolusi

Perbedaan lainnya yang terlihat cupik signifikan terlihat dari resolusi gambar yang ditawarkan PS4 dan PS5. PS4 hanya dapat menampilkan visual dengan resolusi hingga 1080p. Tidak hanya itu saja, tak jarang PS4 harus mengurangi resolusi gambar dari sebuah game agar sesuai dengan konsumsi daya yang dimiliki. Namun, ada juga PS4 Pro yang bisa menawarkan kualitas gambar hingga 4K.

Jika resolusi yang ditawarkan PS4 reguler terasa kurang, apa yang ditawarkan oleh PS5 akan sangat menggiurkan bagi Anda. Bagaimana tidak, PS5 bisa menampilkan gambar dengan resolusi 4K pada 120Hz hingga 8K, lho. Hal ini tentu jauh berbeda dibandingkan yang ada pada PS4. Dengan resolusi yang jauh lebih tinggi tersebut, visual yang Anda dapatkan selama bermain game akan benar-benar seperti nyata. Anda pun bisa semakin betah menghabiskan waktu bermain game sepanjang hari.

Penyimpanan

Meski tidak memiliki perbedaan signifikan mengenai kapasitas penyimpanan yang dimiliki, tetap saja PS5 hadir dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, yakni mencapai 825 GB. Sedangkan pada PS4 hanya dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan 500 GB saja. Berdasarkan kapasitas tersebut, bisa dibilang nantinya pengguna PS5 bisa menyimpan lebih banyak game pada satu perangkat.

Tidak hanya unggul pada kapasitas baterainya, PS5 juga telah menggunakan SSD khusus dengan pengontrol terbaru. Dengan bandwith 5.5GB/s yang dimiliki, pembacaan data serta proses kompresi file yang dilakukan pada PS5 akan berjalan dengan lebih cepat. Anda tak perlu menunggu waktu loading time yang lama setiap kali akan memainkan game pada PS5. Layaknya PS4, nanti pengguna PS5 juga bisa menambahkan memori eksternal pada game konsol yang dimiliki.

Penambahan memori eksternal ini diperlukan jika memori internal yang dimiliki dirasa kurang. Bedanya, Anda tidak bisa menggunakan HDD saat akan menambah memori eksternal. Pasalnya, Sony mengklaim bahwa HDD yang ada pada PS4 dirasa kurang efektif dalam menangani game baru. Hal inilah yang membuat PS5 hanya dilengkapi dengan slot SSD NVMe. Di sinilah letak permasalahannya. Anda harus bersabar menunggu adanya drive berbasi PCI-e rilis jika ingin menambahkan memori eksternal pada PS5.

Game

Jika berbicara mengenai jumlah game yang bisa dimainkan, saat ini PS4 bisa dibilang lebih unggul. Jumlah game yang bisa dimainkan pada PS4 dipastikan akan lebih banyak dibandingkan PS5. Hal ini terbilang sangat wajar, mengingat PS5 merupakan game konsol yang baru saja rilis. Meski begitu, lambat laut nantinya jumlah game pada PS5 akan terus meningkat.

Bahkan, pengguna PS5 bisa menikmati beragam game eksklusif baru dengan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan. Di sisi lain, pihak Sony juga mengabarkan jika lebih dari 4.000 game PS4 bisa dimainkan pada PS5. Mengingat kualitas yang ditawarkan sangat bagus, kabarnya game eksklusif PS5 akan dijual dengan harga yang cukup mahal. Bahkan, ada yang mencapai jutaan, lho.

Controller

Terlepas dari perbedaan yang telah disebutkan di atas, masih ada satu lagi perbedaan yang dimiliki keduanya, yakni terletak pada controller yang digunakan. Jika controller PS4 disebut dengan DualShock, pada generasi terbaru ini dilengkapi dengan controller yang disebut DualSense. Tidak hanya namanya saja yang berbeda, spesifikasi dan fitur yang ditawarkan kedua controller tersebut juga berbeda.

Jika dibandingkan dengan DualShock, controller DualSense memiliki daya tahan baterai yang lebih besar. Tidak hanya itu, DualSense juga telah menggunakan USB Type-C yang membuat proses pengisian dayanya semakin cepat saja. Dengan daya tahan baterai yang lebih besar ini, Anda bisa memainkan game dalam kurun waktu yang lebih lama.

Fitur yang dimiliki juga lebih lengkap dan mumpuni, salah satunya terlihat dengan adanya built in microphone pada DualSense. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk bisa berbincang-bincang dengan teman satu tim saat sedang memainkan game bersama. Sekalipun belum memiliki headset, Anda masih bisa bermain sekaligus berbincang.

Meski begitu, pihak Sony masih tetap menyarankan Anda untuk menggunakan headset agar mendapatkan pengalaman audio yang lebih baik. Di sisi lain, penggunaan headset juga membuat daya tahan baterai DualSense lebih awet dan tidak mudah habis. Masih ada fitur canggih lainnya yang bisa Anda temukan, seperti haptic feedback, dan masih banyak lagi.

DualSense, Kontroler baru PlayStation 5. (PlayStation)
DualSense, Kontroler baru PlayStation 5. (PlayStation)

 

PS5 Hadirkan Digital Edition

Selain hadir dalam versi reguler, Anda tentu sudah tahu jika PS5 juga hadir dalam versi digital edition. Adanya versi yang baru ini mampu menarik perhatian para gamers dan membuat banyak orang bertanya-tanya, apa perbedaan yang dimiliki diantara kedua versi tersebut. Jika membahas mengenai spesifikasi dan performa, baik versi reguler dan digital edition tidaklah memiliki perbedaan yang signifikan.

Keduanya sama-sama mampu memberikan resolusi gambar 4K hingga 8K. Kemampuannya dalam membaca file juga sama-sama cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Perbedaannya terletak pada ada tidaknya drive optik. Drive optik hanya bisa Anda temukan pada PS5 versi reguler. Di mana drive optik tersebut bisa Anda temukan pada sisi samping game konsol dan bisa mendukung Blu-ray.

Sedangkan pada versi digital edition tidak dilengkapi dengan adanya drive optik. Sehingga Anda tidak membutuhkan adanya kaset secara fisik untuk bisa memainkan game pada PS5 Digital Edition. Tidak hanya itu saja, versi ini juga tidak mendukung adanya Blu-ray. Dengan absennya drive optik, PS5 Digital Edition memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil dengan bobot yang juga lebih ringan.

Bagi Anda yang lebih suka memainkan game digital, baik dengan mengunduh atau memainkannya secara streaming, PS5 Digital Edition bisa jadi pilihan yang terbaik. Mengingat Anda bisa dengan leluasa mengunduh beragam game digital yang ada di internet. Adanya perbedaan spesifikasi tersebut membuat PS5 Digital Edition memiliki harga yang sedikit lebih murah dibandingkan dengan versi reguler. Sehingga bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki PS5 namun keterbatasan akan harga.

Harga

Perbedaan spesifikasi yang dimiliki PS4 dan PS5 membuat harga di antara keduanya pun tidaklah sama persis. Saat ini, Anda bisa mendapatkan PS4 dengan harga sekitar Rp 4 jutaan untuk versi reguler. Namun, bagi Anda yang lebih tertarik dengan PS4 Pro, Anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp 5 jutaan.

Dengan spesifikasi mumpuni yang ditawarkan, PS5 bisa Anda beli dengan harga sekitar Rp 7 jutaan untuk versi reguler. Sedangkan untuk versi digital edition bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih murah, yakni mencapai Rp 5 jutaan. Pilihan ada di tangan Anda, apakah lebih suka memainkan game menggunakan kaset secara fisik ataukah game digital.

Harga PS5 yang lebih mahal terbilang sangat wajar dan masuk akal. Mengingat game konsol ini mampu menawarkan pengalaman bermain game yang sangat menyenangkan dan memuaskan. Meski sudah dirilis secara resmi di beberapa negara pada November 2020 lalu, kabarnya game konsol terbaru dari PlayStation baru akan rilis secara resmi di Indonesia pada awal tahun 2021 nanti.

Gimana, apakah Anda sudah bisa memutuskan akan membeli PS4 yang mulai turun harga atau tertarik dengan spesifikasi canggih yang ditawarkan PS5. Apapun pilihan Anda nantinya, baik PS4 maupun PS5 akan memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan dengan PS5 yang tampak lebih nyata dan memukau.

Terkait

Terkini