Kamis, 28 Januari 2021

5 Tim eSports Paling Kaya di Dunia, Ada dari Indonesia?

Dalam daftar tim eSports paling kaya ini, belum ada tim Indonesia yang masuk dan menjadi salah satu di antaranya.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Ilustrasi gamer. (Unsplash/florian olivo)
Ilustrasi gamer. (Unsplash/florian olivo)

Hitekno.com - Berkembangnya game mobile dan PC membuat berbagai tim eSports marak bermunculan. Menjadi salah satu karir yang menjanjikan, berikut 5 tim eSports paling kaya di dunia. Ada dari Indonesia?

Deretan tim eSports yang dikatakan paling kaya ini jelas saja mendapat keuntungan besar dari berbagai turnamen yang diikuti. Selain itu, kucuran dana yang mengalir deras untuk para tim eSports juga datang dari investor.

Melansir dari Forbes, deretan tim eSports yang paling kaya di dunia ini meraih keuntungan 240 juta dolar AS di tahun 2020 dengan kenaikan sebesar 54 persen jika dibandingkan dengan tahun 2019 lalu.

Namun, hal ini masih jauh dari target awal di tahun sebelumnya. Diharapkan industri ini meraup keuntungan 1,1 miliar dolar AS. Sayangnya, keuntungan justru turun hingga 150 juta dolar AS akibat pandemi.

Berdasarkan Forbes, berikut 5 tim eSports paling kaya di dunia. Dalam daftar ini, belum ada tim Indonesia yang masuk dan menjadi salah satu di antaranya.

Ilustrasi gamer PC. (unsplash/ Emmanuel)
Ilustrasi gamer PC. (unsplash/ Emmanuel)

 

Tim eSports pertama adalah SoloMid dengan total kekayaan 410 juta atau Rp 5,7 triliun. SoloMid berpusat di Amerika Serikat dan telah berdiri sejak tahun 2009 lalu. Berbagai game diketahui menjadi divisi tim ini.

Di urutan kedua ada Cloud9 dengan kekayaan 350 juta dolar AS atau setara dengan Rp 4,9 triliun. Bermarkas di Amerika Serikat, divisi game paling terkenal dari tim ini adalah CS:GO.

Selanjutnya, menyusul dua tim eSports paling kaya di atas, ada Team Liquid dengan kekayaan mencapai 310 juta dolar AS atau setara dengan Rp 4,38 triliun. Sedangkan FaZe Clan berada di urutan keempat dengan 305 juta dolar AS atau Rp 4,3 triliun.

Ilustrasi gamer. (Unsplash/ Glenn Carstens-Peters)
Ilustrasi gamer. (Unsplash/ Glenn Carstens-Peters)

 

Berada di urutan kelima dalam daftar tim eSports paling kaya di dunia, 100 Thieves dari California meraup keuntungan sebesar 190 juta dolar AS atau setara dengan Rp 2,6 triliun.

Menjadi bukti akan menjanjikannya dunia game, itu tadi 5 tim eSports paling kaya di dunia dengan total kekayaan yang menakjubkan. Favoritmu yang mana?

Terkait

Terkini