Minggu, 24 Januari 2021

YouTube Gaming Pecahkan Rekor, Ditonton Lebih dari 100 Miliar Jam

Jumlah penonton tersebut meningkat dua kali lipat dari jumlah jam ditonton pada 2018 lalu.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
YouTube Gaming. (YouTube)
YouTube Gaming. (YouTube)

Hitekno.com - Game kini menjadi salah satu pilihan hiburan online yang bisa dilakukan di mana saja, hal ini dibuktikan dengan data statistik YouTube tahun 2020 ini.

Menurut kepala YouTube Gaming Ryan Wyatt, pengguna situs berbagi video menonton 100 miliar jam konten game di platform tersebut.

Jumlah penonton tersebut meningkat dua kali lipat dari jumlah jam ditonton pada 2018 lalu.

Pihak YouTube juga menerbitkan posting blog terkait dengan lebih banyak ikhtisar mendalam di tahun 2020.

YouTube Gaming. (YouTube)
YouTube Gaming. (YouTube)

 

Dilansir dari laman The Verge, dari 100 miliar angka tersebut, 10 miliar jam tersebut adalah streaming langsung YouTube Gaming.

Dengan jumlah penonton ini Google tengah menjadi pesaing tangguh bagi Twicth milik Amazon yang juga menaungi para gamer saat melakukan siaran langsung dengan bermain game.

Ryan Watt memiliki beberapa data statistik menarik lainnya untuk dibagikan. Misalnya saja, Game Minecraft merupakan game yang paling banyak ditonton di YouTube dengan selisih besar.

Minecraft tercatat ditayangkan lebih dari 200 miliar tayangan streaming langsung dan video yang diunggah ditonton tahun ini.

Game lainnya yang banyak ditayangkan adalah Roblox dengan 75 miliar kali ditonton, mobile batte royale Garena Free Fire juga tayang lebih dari 72 miliar.

Tak hanya itu, game Grand Theft Auto V tayang 70 miliar kali dan Fortnite tayangsebanyak 67 miliar kali.

YouTube mengatakan jika platform miliknya kini memiliki lebih dari 40 juta saluran game aktif dan 80.000 saluran mencapai 100.000 pelanggan tahun lalu.

Lebih dari 1.000 salurann memecahkan 5 juta pelanggan pada tahun 2020, sementara lebih dari 350 saluran mencapai 10 juta pelanggan.

Dampak dari pandemi yang tengah melanda di seluruh dunia membuat salah satu alasan kemungkinan game melonjak pada tahun 2020, pasalnya banyak orang terjebak di dalam rumah dan YouTube gaming merupakan salah satu hiburannya.

Terkait

Terkini