Rabu, 25 November 2020

Kemiripan Genshin Impact dengan The Legend of Zelda BOTW Picu Perdebatan

Seberapa mirip Genshin Impact dengan The Legend of Zelda Breath of the Wild?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
OST Genshin Impact - City of Winds and Idylls. (miHoYo)
OST Genshin Impact - City of Winds and Idylls. (miHoYo)

Hitekno.com - Genshin Impact memiliki banyak elemen yang mirip dengan The Legend of Zelda Breath of the Wild (BOTW). Tentu saja hal ini memicu perdebatan yang panas.

Salah satunya video yang dipostingkan akun Twitter @GamesMenfess yang membandingkan Genshin Impact dan The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Nampak dari animasi memanjat, glide, hingga serangan dari tempat ketinggian sangat mirip. Juga beberapa animasi dari efek yang diberikan.

Kita juga bisa melihat beberapa musuh jenis tanaman yang terlihat mirip, sama-sama bersembunyi di tanah dan lemwah terhadap serangan api.

Soal musuh, kita bisa melihat kesamaan dari beberapa musuh yang bertebaran di pinggir jalan. Dan masih banyak mekanis yang ada di Genshin Impact mirip dengan The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Kemiripan Genshin Impact dengan The Legend of Zelda BOTW Picu Perdebatan. (Twitter)
Kemiripan Genshin Impact dengan The Legend of Zelda BOTW Picu Perdebatan. (Twitter)

 

Tentu saja, hal ini memicu perdebatan para gamer yang menuduh miHoYo selaku developer Genship Impact telah meniru The Legend of Zelda: Breath of the Wild dari Nintendo.

"Ah, tiba-tiba saya merasa tidak enak karena bermain game," tulis pengirim postingan dalam akun Twitter @GamesMenfess tersebut.

"Ini kayak copas command movementnya wkwk. biasanya Nintendo ketat sih sama yg beginian. kita tunggu ke depannya apakah ada sue (tapi yg dilawan dev dari cina, which is susah)" tulis @RDTNDR.

Namun tidak sedikit gamer lain yang membela Genshin Impact telah mengambil inspirasi dari game Nintendo tersebut, dan bukanlah plagiat.

"Kalau mekanisme kaya gini bukannya emang udah umum ya? Saya tahu kalau kaya design Chara bisa kena hak cipta, lha kalau gameplay mechanism kaya gini kena hak cipta malah bagiku aneh," balas @slurdlordeh.

"Bukannya mihoyo udh konfirmasi memang terinspirasi dari Zelda yah. Lagian yg mirip2 dari gameplay nya kok, dari grafik sama penggambaran chara nya jga beda," ungkap @aryvillasaurus.

Di lain sisi, ada pula gamer yang malah lelah dengan perbandingan ini. Mengingat game gratis tinggal main jika suka, dan tidak usah main jika tidak suka.

"Ga cape cuy comparing mulu... Yaudah sih mirip. Toh main ya tinggal main.." komentar @MieInstantmu.

"Selalu deh, game yg lagi up pasti di analisa soal skill, design atau dll sama game lain..." ungkap @fuwapyoon.

Kemiripan Genshin Impact dengan The Legend of Zelda BOTW Picu Perdebatan. (Twitter)
Kemiripan Genshin Impact dengan The Legend of Zelda BOTW Picu Perdebatan. (Twitter)

 

Jika dilihat lagi, sumber inspirasi miHoYo dalam menggarap game ini bukan hanyan Zelda. Coba perhatikan bagaimana pedang yang melayang di punggung, terlihat mirip dengan Nier: Automata.

Kita bisa melihat gerakan animasi dari beberapa karakter saat berjalan akan mirip dengan Nier: Automata. Bagaimana lengak-lenggoknya dan pedang melayang di punggung.

Namun hebatnya, Genshin Impact bisa menggabungkan banyak elemen mekanis dan animasi dari berbagai game dalam satu dunia yang menarik untuk dijelajahi.

Kamu sendiri bisa memainkan game ini secara gratis di berbagai platform. Dari PC, Android, iOS, dan PC. Rencananya juga akan meluncur ke Nintendo Switch.

Apakah Nintendo akan menuntut miHoYo karena banyak kemiripan dengan The Legend of Zelda Breath of the Wild? Kita akan bisa melihat saat peluncuran di Nintendo Switch nanti.

Itulah keramaian gamer bahas kemiripan Genshin Impact dan The Legend of Zelda Breath of the Wild. Bagaimana menurutmu?

Terkait

Terkini