Senin, 23 November 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 07 Oktober 2020 | 18:55 WIB

Hitekno.com - Seri terbaru Atelier Ryza 2: Lost Legends & the Secret Fairy dipastikan akan meluncur ke Barat. Menariknya, Koei Tecmo tidak akan memberikan sensor pada game baru ini.

Sebagai informasi, banyak game Jepang yang dibawa ke Barat tidak hanya sekadar translate bahasa saja. Namun ada sejumlah perubahan karena perbedaan budaya.

Bahkan tak sedikit yang mendapatkan sensor karena dinilai kurang tepat jika dimainkan player di luar Jepang. Juga untuk menghindari kontroversi.

Beberapa sensor yang digunakan misalnya kabut asab, hingga kilatan cahaya pada bagian tertentu. Bahkan hingga pemotongan part cerita.

Namun untuk Atelier Ryza 2 nanti, Koei Tecmo menjanjikan untuk bebas sensor. Hal disampaikan langsung lewat akun sosial media.

Atelier Ryza 2.(Koei Tecmo)

 

Keramaian soal sensor pada game baru ini terungkap dari video trailer yang diluncurkan dalam rangka Tokyo Game Show 2020.

Dalam trailer tersebut ternyata ada beberapa adegan yang berbeda antara versi Amerika Serikat dengan Atelier Ryza 2 versi Jepang.

Dugaan sensor ini muncul pada karakter baru yang dikenalkan memiliki bentuk tubuh sintal. Di versi Barat agak tertutup efek yang berlebihan.

Sedangkan dalam trailer versi Jepang karakter Serri ini ditampilkan lebih jelas dengan lekukan tubuhnya. Hal ini membuat spekulasi fans kalau ada sensor yang diberlakukan.

Menjawab keramaian tersebut, akun Twitter Koei Tecmo memastikan tidak melakukan sensor pada pada Atelier Ryza 2: Lost Legends & the Secret Fairy ketika rilis di Barat nanti.

Publisher asal Jepang ini tetap meminta para fans untuk tetap menantikan game baru ini di region masing-masing tanpa takut adanya sensor.

Rencananya, Koei Tecmo akan meluncurkan Atelier Ryza 2: Lost Legends & the Secret Fairy pada 3 Desember 2020 mendatang di PlayStation 4, PlayStation 5, dan Nintendo Switch di Jepang.

Untuk versi Barat, Atelier Ryza 2 baru akan diluncurkan pada musim dingin nanti. Termasuk untuk dihadirkan dalam versi PC nantinya.

BACA SELANJUTNYA

Far Cry 6 dan Rainbox Six Quarantine Ditunda, Sampai Kapan?