Sabtu, 24 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 22 September 2020 | 16:30 WIB

Hitekno.com - Game Among Us mencatat rekor pertumbuhan unduhan pada September 2020 setelah popularitasnya melesat tajam. Data yang diberikan oleh Sensor Tower menunjukkan bahwa Among Us meroket pada dua bulan terakhir.

Menurut Sensor Tower, Among Us memperoleh 18,5 juta unduhan seluler (unduhan dari perangkat mobile) pada Agustus 2020.

Itu berarti hampir delapan kali lipat lebih banyak jika dibandingkan Juli 2020 yang "hanya" 2,4 juta unduhan.

Game indie ini langsung meroket tajam pada September 2020 setelah mendapatkan 41,9 juta unduhan seluler.

Among Us juga merupakan salah satu game populer di Steam setelah popularitasnya meningkat akhir-akhir ini.

Game Among Us diunduh lebih dari 40 juta kali via perangkat mobile pada September 2020. (Twitter/ SensorTower)

 

Faktanya, Among Us dirilis pada Juni 2018, yang berarti bahwa usia game populer tersebut lebih dari dua tahun.

Sensor Tower menyoroti bahwa Among Us mendapatkan perhatian setelah disebarkan oleh influencer di YouTube dan Twitch. Banyaknya pembuat konten mengenai Among Us membuat popularitas game ini mengalami lonjakan pesat.

Negara-negara yang mengalami lonjakan unduhan terbesar selama Agustus dan September termasuk Amerika Serikat, Brasil, Meksiko, Korea Selatan, dan Filipina.

AS telah mengumpulkan sebagian besar unduhan sebanyak 20,5 juta, atau 23,7 persen dari total unduhan yang ada. Brasil berada di peringkat nomor 2, dengan memperoleh 16,6 juta unduhan, atau 19,2 persen dari total unduhan.

Among Us yang dikembangkan oleh InnerSloth, merupakan party game multyplayer. Empat hingga sepuluh pemain akan menjadi anggota awak (Crewmate) pesawat luar angkasa.

Salah satu atau beberapa (tergantung pengaturan Room Master) dari awak kapal akan dipilih menjadi Impostor. Tujuan dari Impostor atau sang pengkhianat ini adalah membunuh, menjebak awak kapal, menyabotase dan melakukan semuanya tanpa ketahuan.

Among Us. (Innersloth)

 

Peraturan game Among Us hampir mirip dengan Werewolf dan Mafia. Dikutip dari GameSpot, InnerSloth juga mengumumkan bahwa Among Us 2 sedang dalam pengerjaan, tetapi tim belum menetapkan tanggal rilisnya.

Kembali pada rekor unduhan, Google Play menyumbang bagian terbesar dari unduhan Among Us dengan 60,4 juta pemasangan.

Sementara App Store mengumpulkan lebih dari 26 juta atau 30,2 persen total unduhan yang ada. Pada Google Play, Among Us berhasil menduduki Top Free nomor satu sebagai game paling populer di Android.

BACA SELANJUTNYA

Pre-Order PlayStation 5 di Singapura Buka Gelombang Kedua, Indonesia Kapan?