Sabtu, 28 November 2020

Makin Memanas, Besok Tak Bisa Login Epic Games Lewat Apple

Hubungan Epic Games dan Apple makin memanas, saling balas serang satu sama lain.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Logo Epic Games Store. (YouTube/ Epic Games)
Logo Epic Games Store. (YouTube/ Epic Games)

Hitekno.com - Perselisihan antara Apple dan Epic Games makin memanas, setelah kejadian diblokirnya Fortnite dan tuntutan hukum yang dilayangkan.

Epic Games sempat melayangkan protes setelah Fortnite dihapus dari Apple App Store karena menggunakan sistem pebayaran mereka sendiri.

Menanggapi hal tersebut, pengembang Fortnite ini menuduh Apple melakukan monopili pada distribusi apps miliknya sendiri.

Perseteruan kedua sampai ke ranah hukum, dan kini belum selesai hingga masih panas.

Kabar buruk kembali berhembus untuk para gamers. Pengguna Apple sudah tidak bisa login ke akun Epic Games, setelah 11 September mendatang.

Pembatasan kali ini merupakan dampak dari pertengkaran Apple dan Epic Games yang sedang berlangsung.

Jika selama ini kamu logon Epic Games menggunakan akun Apple, perusahaan tersebut mengatakan harus memperbarui akun kamu dengan kredensial masuk baru sebelum 11 September untuk mempertahankan akses.

Logo Epic Games. (Epic Games)
Logo Epic Games. (Epic Games)

 

Epic Games telah menyusun panduan tentang cara membuat pembaruan itu jika kamu perlu melakukannya.

Pengembang satu ini juga mengatakan bahwa itu mungkin dapat memulihkan akun kamu secara manual setelah opsi "Masuk dengan Apple" hilang, tetapi kamu harus menghubunginya secara langsung.

Apple mengharuskan pengembang untuk menggunakan sistem masuk tunggal, jika mereka menawarkan opsi pihak ketiga lainnya dan menginginkan aplikasinya di App Store, mungkin merupakan faktor pendorong di balik Epic Games yang menawarkan layanan sebagai faktor masuk di tempat pertama.

Melalui akun resmi Twitternya, Epic Games mengumumkan perubahan yang akan datang, termasuk akun Epic Games utama, akun Status Fortnite, dan akun Unreal Engine.

Perlu juga dicatat bahwa Fortnite, yang tersedia di banyak platform, paling populer di iOS. Epic Games mengatakan dalam pengajuan hukum minggu lalu bahwa ia memiliki 116 juta pengguna terdaftar di iOS, yang menyumbang hampir sepertiga dari 350 juta total pengguna Fortnite terdaftar.

Game Fortnite di Play Store. (Play Store)
Game Fortnite di Play Store. (Play Store)

 

Jika sebagian kecil dari pengguna tersebut mengandalkan login dengan Apple dan tidak mengubah kredensial masuk tepat waktu, ada kemungkinan banyak orang dapat kehilangan akses ke akun mereka.

Apple melarang Fortnite dari App Store pada 13 Agustus ketika Epic Games memperkenalkan sistem pembayaran dalam aplikasi yang melanggar aturan Apple.

Sejak saat itu, kedua perusahaan tersebut terlibat dalam perselisihan hukum mengenai masa depan Fortnite di App Store serta kedudukan Epic Games dengan Apple sebagai pengembang. (Suara.com/ Dythia Novianty)

Terkait

Terkini