Jum'at, 25 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 03 September 2020 | 13:15 WIB

Hitekno.com - PUBG Mobile, Alipay, Baidu dan 118 aplikasi lain yang dikaitkan dan berbasis di China dilarang beredar di India.

Sebelumnya, India melarang aplikasi TikTok, WeChat dan lebih dari 50 aplikasi berbasis China lainnya pada Juni lalu dan menunjukkan bahwa adanya masalah keamanan.

Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi negara tersebut mengatakan bahwa mereka telah menerima keluhan tentang aplikasi ''mencuri dan secara diam-diam mengirimkan data pengguna dengan cara yang tidak sah ke server yang memiliki lokasi di luar India.''

Dilansir dari laman The Verge, ada pengumuman kementrian India tidak menyebutkan China secara khusus, namun secara luas menyatakan bahwa tindakan tersebut akan melindungi kepentingan banyak pengguna seluler dan internet di India.

Karakter PUBG Mobile. (PUBG Mobile).

 

Laporan berita menunjukkan larangan itu mungkin lebih terkait dengan meningkatkan ketegangan antara India dan China.

Perang dagang yang terjadi antara China dan Amerika Serikat rupaya banyak berdampak ke berbagai negara.

Kini India sekarang telah memblokir sejumlah aplikasi yang sangat populer, bahakn ia juga telah memutuskan dari salah satu pasar teresar pengguna ponsel.

Salah satu game yang dibuat oleh raksasa teknologi China, Tencent, PUBG Mobile ini disebut sebagai salah satu game terbesar di negara tersebut.

India juga diyakini menjadi salah satu pasar terbesar TikTok yang sudah dilarang sejak Juni lalu. Daftar larangan baru juga mencakup dua aplikasi yang konon menawarkan akses VPN khusus untuk menggunakan TikTok.

BACA SELANJUTNYA

Wow! PUBG Mobile Hasilkan Rp 52 Triliun dari Microtransaction