Sabtu, 19 September 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 02 September 2020 | 21:30 WIB

Hitekno.com - Teknologi ray tracing makin populer dengan game-game besar ikut menggunakannya. Bahkan game battle royale Fortnite dan game baru Watch Dogs Legion juga memakainya.

Dalam gelaran Nvidia yang mengenalkan kartu grafis baru RTX 30 Series, ikut dipamerkan pula Fortnite dengan dukungan teknologi ray tracing.

Nvidia dan Epic Games pun membagikan video yang menunjukkan seperti apa penerapan teknologi pencahayaan canggih ini ke Fortnite.

Terlihat bagaimana tata cahaya dan pantulan kaca maupun air di game battle royale ini terlihat makin realistis. Meski karakter dan dunia tetap memakai desain ala kartun.

Fortnite menerapkan teknologi ini ke berbagai lini, seperti ray-traced reflections, shadows, global illumination, dan ambient occlusion.

Fortnite pamer ray tracing. (Nvidia)

 

Dengan dukungan Nvidia pula, Epic Games menerapkan DLSS ke semua mode. Yang akan membantu penerapan ray tracing namun lebih ringan secara hardware.

Selain itu, Fortnite juga jadi game pertama yang menggunakan teknologi Nvidia Reflex. Yang diklaim meningkatkan sensasi dan presisi tembakan senjata.

Nantinya ray tracing dan sederet teknologi pencahayaan ini akan diterapkan Epic Games pada Fortnite Chapter 2 - Seasons 4 mendatang.

Tidak mau ketinggalan, Ubisoft dalam kesempatan yang sama juga pamer penerapan ray tracing ke game AAA mereka, Watch Dogs Legion.

Tentunya kehadiran teknologi pencahayaan canggih ini akan membuat London di game AAA tersebut terlihat makin menawan dan makin dramatis.

Watch Dogs Legion sendiri mengambil setting kota London sebagai area bermain. Nantinya akan menampilkan kota ini baik siang hari maupun malam penuh dengan kelap-kelip lampu.

Ubisoft akan memasangkan teknologi Deep Learning Super Sampling (DLSS) ke game baru ini, yang tentunya akan membantu meringankan beban hardware.

Tentu saja yang membuat makin menarik, penerapan tata cahaya pada kilauan lampu neon kota London di malam hari. Ditambah hologram, genangan air, dan pantulan pada kostum karakter.

Nampak kalau game baru dari Ubisoft ini akan menjadi contoh penerapan ray tracing yang menarik. Bagaimana teknologi-teknologi ini bisa diterapkan untuk memuaskan mata gamer.

Itulah kabar terbaru dari Fortnite dan Watch Dogs Legion yang memamerkan penerapan teknologi ray tracing. Pastinya butuh hardware terkini untuk bisa merasakannya.

BACA SELANJUTNYA

Dijual Terbatas, Nintendo Switch Merilis Konsol Edisi Fortnite