Sabtu, 26 September 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 01 September 2020 | 22:00 WIB

Hitekno.com - Fitur Backwards Compatibility menjadi salah satu yang disoroti dalam konsol game baru. Berbeda dengan Xbox Series X, PlayStation 5 diduga tidak mendukung platform lawasnya.

Kabar ini didapatkan dari halaman FAQ Ubisoft, yang menjawab pertanyaan soal cara upgrade dari PlayStation 4 ke PlayStation 5.

Ubisoft menjawab kalau player dari PlayStation 4 dapat bergabung dan bermain bareng dengan mereka yang ada di PlayStation 5.

Namun soal Backwards Compatibility, Ubisoft menambahkan kalau fitur ini hanya tersedia atau mendukung game-game PlayStation 4 saja.

Lebih tegasnya, disebutkan kalau fitur ini tidak mendukung untuk Backwards Compatibility memainkan game PlayStation 3, PlayStation 2, dan PlayStation pertama.

Dua versi PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

 

Dengan kata lain, perusahaan game asal Perancis ini menyampaikan kalau fitur Backwards Compatibility PlayStation 5 hanya bekerja untuk game PlayStation 4.

Namun ketika tim HiTekno.com menilik halaman FAQ tersebut, Ubisoft sudah menggantinya. Perusahaan ini menghapus bagian Backwards Compatibility.

Beruntungnya, sebelum dihapus sempat diamankan oleh leaker ternama Nibellion. Ia membagikan screen capture halaman tersebut ke akun Twitterny @Nibellion.

Penghapusan bagian tersebut diduga setelah terjadi keramaian semenjak dibagikan Nibellion ke media sosial. Dan menjadi pembahasan panas para gamer.

Bocoran Backwards Compatibility PlayStation 5 dari Ubisoft. (Twitter/ Nibellion)

 

Terlebih setelah fitur Backwards Compatibility PlayStation 5 yang dibocorkan halaman FAQ Ubisoft ini menjadi bahan candaan di media sosial.

Termasuk leaker ternama Wario64 dan analis game dari Niko Partners, Daniel Ahmad. Yang menyebutkan kalau mau main game PlayStation 3, PlayStation 2, dan PlayStation bisa menggunakan konsol game satu ini.

Tidak lain adalah konsol game PlayStation 3 generasi pertama, atau lebih sering disebut PS3 Fat. Karena perangkat ini memang mendukung Backwards Compatibility PS2 dan PS1.

Candaan Backwards Compatibility. (Twitter/ Wario64, ZhugeEX)

 

Sony maupun Ubisoft sendiri masih belum memberikan tanggapan soal Backwards Compatibility PlayStation 5 yang hanya mendukung PlayStation 4 saja.

BACA SELANJUTNYA

Gamer Bersiap! Ini Deretan Game Baru yang Akan Meluncur di PlayStation 5