Sabtu, 26 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 23 Agustus 2020 | 15:00 WIB

Hitekno.com - Iklan kontroler atau stik konsol terbaru PlayStation 5 baru saja dirilis Sony. Dalam iklan tersebut terlihat beberapa game dengan genre yang berbeda. 

Fokus iklan Sony sendiri kali ini adalah memamerkan pengontrol DualSense baru yang dirancang agar lebih imersif. 

Stik PS5 ini dilengkapi fitur haptic yang memungkinkan pemain untuk "merasakan" permainan, sesuatu yang tidak dimiliki rival mereka, Xbox Series X.

Ketika bermain game balap, Sony mengatakan bahwa fitur ini seolah bisa membuat pemain merasakan laju mobil yang lebih lambat ketika melalui medan berlumpur.

Ilustrasi joystick XboX Series X. [Dok Xbox]

Tak hanya fitur, fungsi tombol L2 dan R2 pada stik PS5 juga bertambah karrna sekarang menyertakan pemicu adaptif, yang berubah bergantung pada lingkungan.

Misalnya, pemain akan bisa merasakan jemari menjadi lebih berat ketika karakter yang dimainkan tengah membentangkan busur untuk menembakkan anak panah.

Kelebihan stik PS5 tidak sampai disitu saja. Sony membenamkan rangkaian mikrofon internal yang memungkinkan pemain untuk mengobrol dengan pemain lainnya tanpa bantuan headset.

"Secara keseluruhan, kami melewati beberapa konsep dan ratusan mockup selama beberapa tahun terakhir sebelum kami menetapkan desain final ini," jelas Sony seperti dikutip dari The Sun, Minggu (23/8/2020).

Fitur DualSense sendiri telah duji oleh beberapa game dan hasilnya mencapai tingkat kenyamanan, karena uji tersebut Sony mempertimbangkan desain yang ergonomis.(Suara.com/Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

Terpopuler: Harga PlayStation 5 Diumumkan dan Halilintar di Video Sawah