Kamis, 24 September 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 17 Agustus 2020 | 20:30 WIB

Hitekno.com - Tiap 17 Agustus tiba, masyarakat beramai-ramai menggelar perayaaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Begitu juga dalam Hut RI ke 75 ini, para gamer ikutan menggelar upacara bendera virtual.

Dalam situasai pandemi, tentunya tidak memungkinkan menggelar kegiatan yang melibatkan banyak orang. Bahkan termasuk upacara bendera dalam rangka Hut RI ke 75.

Karena itu, upacara bendera virtual pun jadi solusinya. Berbondong-bondong warga mengikuti kegiatan tersebut. Begitu juga dengan para gamer.

Uniknya, para gamer menggelar perayaan hari kemerdekaan ini dengan cara mereka sendiri. Tentunya gelaran ini menarik perhatian banyak pihak.

Salah satunya, para player Animal Crossing New Horizons. Mereka menggelar upacara bendera virtual melalui game Nintendo Switch tersebut.

Upacara bendera virtual di Animal Crossing New Horizons. (Twitter/ acnhindonesia)

 

Dipostingkan melalui akun Twitter @acnhindonesia, dipostingkan bagaimana upacara tersebut mereka gelar dengan penuh warna.

Dari pembacaan Pancasila oleh Pembina Upacara yang diikuti para peserta. Disusul pembacaan Teks Proklamasi juga oleh Pembina Upacara.

Tidak ketinggalan, gamer Animal Crossing New Horizons ini menggelar lomba 17-an seusai upacara bendera virtual yang mereka gelar di game.

Lucunya, para peserta upacara dalam game tersebut mengenakan baju khusus berupa Batik Korpri. Sedangkan petugas upacara bendera mengenakan baju Paskib.

Komunitas Animal Crossing New Horizons Indonesia ini membuat sendiri baju tersebut. Termasuk berbagai ornamen khas 17-an di game populer ini.

Keseruan menyambut HUT RI ke 75 ini makin meriah dengan berbagai lomba 17-an. Yang yang sengaja dibuat para anggota komunitas Animal Crossing New Horizons tersebut.

Upacara Bendera Virtual di Discord

Tidak kalah kreatif, gamer juga menggelar upacara bendera menggunakan Discord. Aplikasi komunikasi dari chat, voice, hingga video yang populer di kalangan gamer.

Diprakarsai channel YouTube Gaming Republik Sultan atau akrab disebut Repsul, para gamer sudah berkumpul di Discord sejak pagi untuk mengikuti gelaran ini.

Menggunakan fitur video call group yang disediakan, puluhan gamer ini nampak antusias mengikuti upacara bendera digital bersama Respsul.

Upacara bendera virtual lewat Discord ini dimulai dengan memutar rekaman pembacaan Teks Proklamasi. Diikuti mengumandangkan lagu Indonesia Raya sembari hormat.

Saking antusiasnya, beberapa lupa tidak mengatur fitur miroring kameranya. Sehingga terlihat seperti hormat dengan tangan kiri. Padahal aslinya menggunakan tangan kanan.

Nampak sejumlah gamer mengikuti upacara ini dengan memakai seragam, hingga baju resmi. Mereka juga terlihat khidmat selama acara berlangsung.

Seusai mengumandangkan Indonesia Raya dengan hormat, upacara dilanjutkan lagu Indonesia Pusaka sembari meletakkan tangan kanan di dada.

Upacara bendera virtual di Discord. (YouTube/ Republik Sultan)

 

Dilanjut dengan menyanyikan lagu Hari Merdeka bersama-sama dengan penuh semangat sebagai penutupan upacara bendera virtual ini.

Saking banyaknya gamer yang ingin ikut serta, Repsul mengadakan upacara bendera virtual di Discord ini dalam dua gelombang.

BACA SELANJUTNYA

Ketahuan Puji Gamer Ganteng, Gombalan 2 Gadis Cantik Ini Bikin Meleleh