Senin, 30 November 2020

Didepak Play Store dan App Store, Fortnite Masih Tersedia di Galaxy Store

Pengguna Samsung Galaxy masih bisa mengunduh aplikasi Fortnite dengan gratis.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Main Fortnite di smartphone. (Samsung)
Main Fortnite di smartphone. (Samsung)

Hitekno.com - Google dan Apple tengah menghadapi perseteruan dengan Epic Games yang membuat Fortnite didepak dari Play Store dan App Store.

Namun meski adanya perseteruan tersebut, game Fortnite masih bisa diakses di Galaxy Store.

Dilansir dari laman GSM Arena, Galaxy Store sendiri merupakan toko aplikasi milik Samsung, tampaknya perselisihan dengan Epic Games tersebut tak terkait dengan sistem pembayaran.

Hal ini berarti game Fortnite masih tersedia di Galaxy Store tersebut dan tak terkena dampak dari perselisihan tersebut da para pengguna Samsung Galaxy masih bisa mengunduh aplikasi Fortnite tersebut secara gratis.

Gamer Fortnite yang kini kecewa dengan didepaknya game di Play Store dan App Store bisa mengunduh kembali aplikasi tersebut melalui website Epic Games.

Sebelumnya, Epic Games telah mengimplementasikan in-app payment alias sistem pembayaran mereka sendiri ke Fortnite versi mobile.

Game Fortnite di Play Store. (Play Store)
Game Fortnite di Play Store. (Play Store)

 

Game yang tengah populer ini tidak lagi memakai sistem pembayaran dari Apple maupun Google. Dengan alasan potongan 30 persen yang ditarik dari transaksi.

Epic Games berkilah kalau mereka memakai sistem sendiri, mereka bisa memberikan harga microtransaction yang lebih murah kepada player Fortnite.

Di lain sisi, Apple mewajibkan aplikasi dan game yang didistribusikan di App Store untuk menggunakan sistem pembayaran mereka.

Dengan memakai sistem pembayaran lain, Apple menganggap Epic Games telah melanggar ketentuan mereka. Sehingga Fortnite didepak dari App Store.

Hal serupa juga dilakukan Google setelah sistem in-app payment tersebut diaplikasikan ke Fortnite Android yang didistribusikan melalui Play Store.

Diwartakan The Verge, Epic Games telah menyiapkan gugatan anti monopoli kepada Apple yang telah mendepak Fortnite dari App Store.

Pengembang game ini beranggapan kewajiban memakai sistem pembayaran milik Apple ini sebuah monopoli. Sehingga mereka ingin menggugatnya.

Pihak Apple sendiri menanggapi gugatan Epic Games tersebut dengan memberikan pernyataan kalau kewajiban memakai sistem pembayaran mereka demi keamanan pengguna.

Dengan memakai sistem pembayaran di luar miliknya, Apple tidak bisa menjamin keamanan pengguna. Karena itu diwajibkan memakai sistem mereka.

Hal serupa juga dilakukan Google Play Store, tidak diperkenankan memasang sistem pembayaran lain demi menjaga keamanan pengguna.

Berbeda dengan iOS yang mewajibkan aplikasi dan game hanya didistribusikan lewa App Store, Android punya ekosistem yang lebih terbuka.

Meski didepak dari Google Play Store, Fortnite masih bisa didistribusikan lewat saluran lain. Yang serupa yang dilakukan Epic Games Store di awal peluncuran Fortnite versi Android.

Terkait

Terkini