Senin, 28 September 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 30 Juli 2020 | 22:00 WIB

Hitekno.com - Ghost of Tsushima, game baru garapan Sucker Punch mendapatkan banyak tanggapan positif dari media Jepang. Bahkan developer game asal negara tersebut.

Dikutip HiTekno.com dari Kotaku, bahkan developer franchise Yakuza memuji habis-habisan game eksklusif PlayStation 4 ini.

Toshihiro Nagoshi, director franchise Yakuza ini mengakui kekalahannya selaku game developer Jepang dengan studio game berbasis Amerika Serikat tersebut.

Ghost of Tsushima sendiri sebagai bukti dari kehebatan Sucker Punch yang notabene developer barat mampu membuat game dengan budaya dan sejarah Jepang.

"Sejujurnya, kami [Jepang] dipukuli," jawab Toshihiro Nagoshi terkekeh dalam live streaming SEGA.

"Ya, tentu saja, kita kalah. Jujur, saya pikir itu adalah game yang harus dibuat di Jepang," lanjutnya.

Developer franchise Yakuza ini menambahkan kalau Ghost of Tsushima sangat mengesankan. Tidak hanya dalam permainan, namun pada fitur tambahan yang diberikan.

Mini market di game Yakuza 6. (Fiveprime)

 

"Mode Kurosawa tidak hanya mengubah warna [menjadi hitam dan putih], tetapi memiliki lebih banyak pendekatan teknis dengan mengubah jumlah frame dengan benar dalam film-film lama." salutnya.

"Orang asing yang menggelitik kesukaan orang Jepang lebih dari orang Jepang ... agak menakjubkan, bukan?" pujinya.

"Ada anggapan bahwa orang Barat tidak mengerti banyak hal (tentang Jepang), tetapi hipotesis itu sendiri salah." tambahnya.

Pria asal Jepang ini juga memuji banyak hal dari apa yang dilakukan Sucker Punch, elemen dan mekanis di Ghost of Tsushima.

Bagaimana arah angin sebagai navigasi bantuan bagi player untuk eksplorasi dunia dalam game tersebut secara alami sambil menyeimbangkan cerita.

"Sangat bagus," pujinya.

Toshihiro Nagoshi juga memuji keberanian developer dalam membuat karakter utama, Jin Sakai dengan desain seperti itu dalam game.

Ghost of Tsushima. (PlayStation)

 

Ia menyampaikan bahkan protagonis bukan sosok yang tampan. Konsep yang dipikirnya tidak akan mendapatkan persetujuan darim pemasaran.

"Semua uang dan waktu pengembangan ini dihabiskan untuk pria paruh baya ini," puji Toshihiro Nagoshi pada kenekatan Sucker Punch.

Otak di balik franchise Yakuza milik SEGA ini dengan tegas mengucapkan salut kepada Sucker Punch atas Ghost of Tsushima yang diluncurkannya.

Untuk saat ini, Game Ghost of Tsushima sendiri hadir secara eksklusif di PlayStation 4 saja. Kamu sudah bisa mendapatkannya, dan memainkan game tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Akhirnya, Minecraft Bakal Hadir ke PlayStation VR