Kamis, 13 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 26 Juli 2020 | 15:30 WIB

Hitekno.com - Nintendo menjadi perusahaan dengan keuntungan bersih terbesar dibandingkan pesaing-pesaingnya. Namun tahukah kamu berapa gaji para petingginya?

Dalam laporan keuangan Nintendo April 2019 hingga Maret 2020, diketahui berapa pundi-pundi keuangan yang dihasilkan perusahaan asal Jepang ini.

Nintendo mempekerjakan 2.395 karyawan, yang rata-rata mereka berusia 39,2 tahun. Dan rata-rata telah bekerja di perusahaan tersebut selama 13,9 tahun.

Dikutip HiTekno.com dari Gamerant, rata-rata karyawan ini digaji 86.583 dolar AS pertahun. Jika dikonversikan sekitar Rp 1,2 miliar setahun, atau sekitar Rp 105 per bulan.

Namun itu gaji untuk kebanyakan karyawan Nintendo saja. Bagaimana dengan para petingginya? Apakah sebanding dengan petinggi perusahaan game lainnya?

Shuntaro Furukawa, Shigeru Miyamoto, dan Shinya Takahashi merupakan tiga petinggi dan sosok penting dari perusahaan asal Jepang ini.

Ketiganya sosok di balik kesuksesan Nintendo saat ini. Dengan suksesnya perusahaan ini, berapa gaji yang didapatkan mereka?

Karakter Mario di Nintendo Switch. (Nintendo)

 

Dalam laporan disebutkan kalau President Nintendo, Shuntaro Furukawa digaji 258 juta yen Jepang per tahun. Atau sekitar Rp 35,4 miliar per tahun.

Sedangkan Shigeru Miyamoto, digaji 192 juta yen Jepang. Atau jika dikonversikan, pencipta Mario ini mendapatkan sekitar Rp 26 miliar pertahun.

Lalu ada Shinya Takahashi yang juga petinggi Nintendo, mendapatkan gaji 132 juta yen Jepang atau sekitar Rp 18 miliar per tahun.

Gaji para petinggi Nintendo ini nampak masih jauh dibanding bos-bos perusahaan game barat. Bahkan tidak apa apa jika dibanding perusahaan seperti Activison dan EA.

Dikutip HiTekno.com dari vg247, gaji Bobby Kotick selaku CEO Activision sebesar 28,6 juta dolar AS atau sekitar Rp 419 miliar setahun.

Sedangkan CEO EA, Andrew Wilson mendapatkan gaji 35,7 juta dolar AS atau sekitar Rp 521 miliar per tahun. Nominal ini 371 kali dari rata-rata karyawannya.

Gaji dari ketiga petinggi Nintendo jika digabungkan saja belum sampai setengah gaji CEO Activision maupun EA. Segitu jauhnya perbedaan gaji mereka.

Itulah gaji para petinggi Nintendo, perusahaan game dengan keuntungan bersih terbesar saat ini. Gaji ketiganya masih jauh dibandingkan perusahaan game barat.

BACA SELANJUTNYA

4 Berita Terkini: HP Gaming dengan MediaTek Helio G35 dan G25