Minggu, 09 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 12 Juli 2020 | 13:00 WIB

Hitekno.com - Sony Corporation, memang sudah memiliki PlayStation untuk terjun di pasar game. Namun siapa sangka kini perusahaan tersebut melirik Epic Games.

Kabar paling baru, Sony Corporation telah mengumumkan investasi dana ke Epic Games. Tak tanggung-tanggung, dikucurkan 250 juta dolar AS atau setara Rp 3,6 triliun.

Dikutip HiTekno.com dari VentureBeat, dengan investasi dana sebesar itu, Sony Corporation mendapatkan 1,4 persen saham dari Epic Games.

Sebelumnya, pada 2012 silam Epic Games mendapatkan pendanaan dari Tencent sebesar 330 juta dolar AS atau setara dengan Rp 4,7 triliun.

Dengan pendanaan sebesar itu di 2012, Tencent memiliki 40 persen saham dari Epic Games. Kini disusul Sony yang melirik perusahaan game tersebut.

Epic Games sendiri mulai melejit namanya berkat game Fornite. Selain itu, juga mengembangkan Unreal Engine yang laris manis digunakan para game developer.

Termasuk Unreal Engine 5 yang belum lama ini dikenalkan. Game engine tersebut dalam menawarkan grafis memukau untuk PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Logo Epic Games. (Epic Games)

 

Tidak diketahui apa maksud dari Sony Corporation untuk menginvestasikan dana ke Epic Games. Apakah murni karena keuntungan yang ditawarkan, atau ada rencana di pasar game PC.

Seperti diketahui, PlayStation sendiri telah melepas Horizon Zero Dawn ke PC. Awalnya game tersebut eksklusif untuk PlayStation 4.

Namun game PC Horizon Zero Dawn ini meluncur di Steam, bukan Epic Games Store. Sony sendiri tidak melakukan investasi ke Steam.

Di lain sisi, Sony juga telah mengenalkan PlayStation 5 mereka sebagai andalan baru utuk bertarung di pasar konsol game melawan Xbox Series X.

Sejak dikenalkan konsol game tersebut, nampak kedekatan antara PlayStation dengan Epic. Terlihat dari demo Unreal Engine 5 menggunakan PlayStation 5.

Dugaan sementara, investasi ini mengarah ke pasar industri secara keseluruhan. Bukan secara spesifik ke game PC saja.

Karena Unreal Engine 5 milik Epic Games tidak ekslusif untuk PC. Namun ke berbagai macam platform, dari konsol game hingga handheld.

Itulah kabar terbaru dari Sony Corporation yang mengucurkan dana investasi ke Epic Games. Akankah ini membuat Epic Games makin merapat ke PlayStation?

BACA SELANJUTNYA

Dibekali Teknologi EXTRA BASS, Headphone Sony WF-XB700 Meluncur