Minggu, 09 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 07 Juli 2020 | 17:15 WIB

Hitekno.com - Tak mengherankan lagi jika perusahaan teknologi Sony merancang perangkat canggih, seperti yang dilaporkan sebagian besar pabrik otomatis di seberang teluk di Tokyo, Jepang menggunakan robot untuk menghasilkan PlayStation 4.

Pabrik dengan bangunan putih besar yang terletak di pinggiran Kisarazu di seberang teluk Tokyo ini dioperasikann oleh manufaktur Sony, Sony Global Manufacturing dan Operations.

Pabrik ini memiliki jalur perakitan sepanjang 31, 4 meter untuk menghasilkan PlayStation4 yang selesai pada tahun 2018.

Kabarnya proses menghasilkan perangkat PlayStation 4 ini hanya dilakukan oleh beberapa pekerja manusia untuk menambahkan motherboard ke jalur perakitan dan untuk menempatkan konsol ke dalam paket mereka.

Selain beberapa manusia tersebut, pengerjaan PlayStation 4 di pabrik tersebut dikerjakan sebanyak 32 robot yang berada di jalur perakitan.

PlayStation 4. (Pixabay/ InspiredImages)

 

Sebanyak 26 robot di antaranya berada di posisi memasang kabel, pita dan bagian fleksibel lainnya.

Dilansir dari Nikkei Asian Review via Digital Trends, satu robot yang akan menahan kabel serta lengan lainnya memutarnya dalam arah tertentu dengan tekanan tertentu.

Dalam laporan tersebut, dengan menggunakan robot satu perangkat PlayStation 4 dapat dirakit hanya dalam waktu 30 detik saja.

Salah satu insinyur mengatakan, ''Mungkin saja tidak ada tempat lain yang dapat memanipulasi robot dengan cara ini''.

Sementara itu, penggemar konsol PlayStation tengah menunggu peluncuran PlayStation 5 yang kabarnya Sony akan meluncurkan pada musim liburan tahun ini.

Tidak heran ya apabila perusahaan teknologi seperti Sony ini melibatkan robot dalam produksi perangkat PlayStation, bagaimana menurut kamu?

BACA SELANJUTNYA

Ghost of Tsushima Laku Keras di Jepang, Sampai Kehabisan Stok