Senin, 30 November 2020

Jepang Sediakan Fasilitas Main Game Khusus Lansia, Unik

Lansia Jepang memang dikenal aktif, termasuk dalam main game.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi main game di PC. (unsplash/ Sean Do)
Ilustrasi main game di PC. (unsplash/ Sean Do)

Hitekno.com - Meski telah lanjut usia atau lansia, banyak masyarakat Jepang yang masih gemar main game. Bahkan ada Youtuber gamer tertua di dunia berasal dari negara tersebut.

Jepang juga dikenal kreatif dalam membuat invoasi, salah satunya dengan membuat fasilitas game khusus bagi lansia.

Dikutip dari Esport.com, Minggu (5/7/2020), sebuah perusahaan baru saja meresmikan pembukaan ISR Esports di wilayah Kobe, Jepang.

Berbeda dengan tempat rental game lainnya, ISR Esports hanya melayani para gamer berusia 60 tahun ke atas. Fasilitas yang ditawarkan tempat ini pun disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan para lansia.

Misalnya saja, setiap PC yang dipakai untuk bermain game menggunakan monitor yang melengkung, keyboard dengan sandaran tangan, hingga headset yang menyatu dengan kursi game.

Fasilitas game khusus lansia. [esports]
Fasilitas game khusus lansia. [esports]

 

Untuk memudahkan para lansia, PC yang disediakan sudah diinstall berbagai judul game, mulai dari game browser hingga game online berbasis strategi yang sering dipertandingkan dalam turnamen esports profesional.

Sementara bagi lansia awam yang baru akan menekuni game, ISR Esports juga menyediakan pendamping yang akan menjelaskan mekanisme dan cara bermain game yang akan dimainkan. Sedangkan untuk menjaga fisik para lansia, tempat ini menyediakan ruang untuk beristirahat.

Agar para lansia tidak kecanduan game, ISR Esports membatasi jam buka studio mereka, mulai dari pukul 10.00 hingga 17.00 waktu setempat. Karena tempatnya yang terbatas, lansia juga diwajibkan melakukan reservasi terlebih dahulu.

Terlepas dari fasilitas istimewa yang diberikan ISR Esports, para lansia Jepang memang dikenal aktif dalam dunia game. Bahkan, mereka punya Hamako "Gamer Grandma" Mori, nenek 90 tahun yang belum lama ini dinobatkan sebagai YouTuber gamer tertua di dunia.

Itulah inovasi ISR Esports dalam menyediakan fasilitas main game untuk warga lansia Jepang. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Terkait

Terkini