Minggu, 12 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 23 Juni 2020 | 13:25 WIB

Hitekno.com - Microsoft memutuskan untuk menutup layanan streaming Mixer. Platform yang menaungi Ninja, Shroud dan streamer ternama lainnya.

Lewat blog resminya, Mixer mengumumkan akan menutup layanan live streaming mereka pada 22 Juli 2020. Untuk itu, Microsoft telah menggandeng Facebook Gaming.

Nantinya layanan Mixer akan langsung beralih ke Facebook Gaming, layanan live streaming yang dulunya sebagai pesaingnya.

Begitu juga dengan konten yang ada di Mixer, nantinya akan tersedia di Facebook Gaming. Termasuk para streamer akan diarahkan ke sana.

"Kami memutuskan untuk menutup operasional Mixer dan membantu komunitas kami melakukan transisi ke platform baru. Kami bekerja sama dengan Facebook untuk memungkinkan komunitas bertransisi ke Facebook Gaming," tulis Mixer dalam blognya.

Facebook Gaming tampung Mixer setelah ditutup Microsoft. (Mixer)

 

Lalu bagaimana dengan nasib para streamer ternama seperti yang terikat kontrak eksklusif untuk live streaming di Mixer.

Seperti Tyler Blevins alias Ninja, Cory Michael alias King Gothalion, dan Michael Grzesiek atau Shroud ditarik Mixer dari Twitch.

Dengan ditutupnya Mixer oleh Microsoft dan melakukan migrasi ke Facebook Gaming, apakah para streamer ternama ini ikutan?

Dikutip HiTekno.com dari The Verge, Vivek Shharman, head of Facebook Gaming menyampaikan kalau mereka bebas mau live streamin di mana.

Facebook Gaming tidak menawarkan kontrak eksklusif kepada mereka seperti yang dilakukan Mixer untuk menarik ketiganya dari Twitch.

"Terserah mereka dan prioritas mereka," kata Vivek Sharma dimuat The Verge.

Tyler Blevins alias Ninja. (Instagram/ Ninja)

 

Ninja sendiri melalui akun Twitter telah menyampaikan tanggapan soal kabar ditutupnya Mixer. Ia bersama sang istri pun berbagi kepada kreator Mixer lainnya.

"Saya cinta komunitas saya dan apa yang kami bangun bersama di atas Mixer. Saya memiliki beberapa keputusan untuk dibuat dan akan memikirkan Anda semua saat saya membuatnya." tulis Ninja di Twitter.

Ninja telah membuat keputusan setelah ditutupnya Mixer, namun ia belum mengungkap ke mana dia dan istri akan berlabuh.

Begitu juga dengan Shroud, ia memastikan telah menyiapkan langkah selanjutnya. Namun belum diungkap akan live streaming di mana.

"Saya menghargai komunitas Mixer dan semua yang saya bisa lakukan di platform. Saya cinta kalian dan mencari tahu langkah saya selanjutnya" tulis Shroud di Twitter.

Streamer ternama, Shroud. (Twitter/ shroud)

 

Mixer sendiri hadir sebagai layanan live streaming yang berfokus pada game. Bersama Facebook Gaming, keduanya muncul sebgai penantang Twitch.

Microsoft telah melakukan banyak cara, termasuk menjalin kontrak eksklusif dengan beberapa streamer ternama untuk menarik penonton Mixer.

Namun apa daya, Mixer masih alah jauh dibandingkan Twitch dan YouTube. Bahkan masih kalah dibanding Facebook Gaming yang sama-sama pemain baru.

Kita nantikan saja ke mana Ninja dan Shroud akan berlabuh setelah Mixer resmi ditutup. Apakah akan beralih ke Facebook Gaming, atau kembali ke Twitch?

BACA SELANJUTNYA

Asyik, Deretan 5 Game Facebook Ini Bisa Dimainkan di Android