Kamis, 16 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 16 Juni 2020 | 08:00 WIB

Hitekno.com - Pandemi COVID-19 yang telah melanda dunia, membuat banyak industri bahkan industri game mobile berantakan. Hal ini diakui oleh tiga perusahaan terkemuka Garena, Tencent, dan Moonton.

Garena, Tencent, dan Moonton mengakaui, meski industri game mobile bergantung pada internet, namun diakui erantakan karena pandemi ini.

Wijaya Nugroho, Business Development Garena, mengatakan wabah COVID-19 telah membuat jadwal event offline mereka, termasuk yang berkaitan dengan esports berantakkan.

"Event offline yang jelas berkurang. Ini juga mungkin akan terjadi ke depannya (selama new normal). Kalaupun nantinya akan ada (event offline), kita harus mengikuti protokoler yang berlaku," ujar Wijaya dalam konferensi virtual, Senin (15/6/2020).

Selaras dengan pernyataan Wijaya, Agung Chaniago selaku eSports Manager Tencent terpaksa membatalkan beberapa event yang seharusnya digelar secara offline.

Karakter PUBG Mobile. (PUBG Mobile).

 

"User kita sedang ada di rumah, event offline ditunda atau dialihkan ke platform digital. Di satu sisi, ini menghalangi kita untuk dekat dengan user," imbuhnya.

Pun begitu dengan komentar dari Aswin Antonie, Brand Director Moonton Mobile Legends. Pihaknya terpaksa mengalihkan aktivitas offline menjadi online karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kendati demikian, ia menilai ada sisi positif yang bisa diambil dari situasi ini.

"Ini jadi momentum ketika gaming masuk ke ranah yang lebih positif. Tadinya yang dinilai negatif, kita terbantu berkat pandemi karena ada sebagian dari pengguna justru mendapatkan penghasilan dari game," kata Aswin.

Meski demikian, baik Garena, Moonton, maupun Tencent sepakat bahwa pandemi COVID-19 membuat jumlah pemain game besutan mereka meningkat.

Meski tidak menyebutkan lonjakan jumlah penggunanya, tapi mereka mengakui bahwa pandemi COVID-19 berkontribusi besar bagi peningkatan pendapatan perusahaan.

Itulah dampak pandemi COVID-19 pada industri game mobile seperti yang diakui Garena, Tencent, dan Moonton. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Sakitnya Berkurang, Raptor Machete Mobile Legends Kena Nerf Moonton