Kamis, 09 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 12 Juni 2020 | 17:15 WIB

Hitekno.com - Sony telah mengungkap wujud dari PlayStation 5 atau PS5 dalam gelaran live streaming. Seperti apa desain dan spesifikasi PlayStation 5 ini? Pastinya menarik untuk dilihat. 

Gelaran yang dilansungkan secara live streaming pada 11 Juni 2020 waktu setempat atau 12 Juni 2020 WIB tersebut mengungkap banyak hal soal konsol game ini.

PlayStation 5, dengan akses kombinasi warna putih dan hitam di tengahnya. Senada dengan warna pada kontroler DualSense yang lebih dulu diungkap.

Dari segi bentuk, wujud PS5 ini juga sepadan dengan DualSense. Tampil bergaya futuristis nan ramping, ditambah akses lampu berwarna biru.

Sony akan menghadirkan dua versi PS5, yakni dengan blu-ray disk sebagai versi standar. Dan versi satu lagi yang disebut PlayStation 5 Digital Edition.

Dua versi PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

 

Jauh sebelumnya, Sony juga telah mengungkap spesifikasi PlayStation 5 ini. Yang mengusung CPU dan GPU baru dari AMD. Yakni AMD Zen 2 untuk CPU, dan RDNA 2 sebagai GPU.

Mark Cerny, lead arsitek Sony PlayStation 5 ini mempresentasikan detail hardware dari konsol game ini. 

Dari sisi CPU, PS5 akan memakai delapar core yang berajalan hingga 3,5 GHz. Clock speed prosesor ini bisa berubah-ubah, namun maksimal mentok di 3,5 GHz.

Arsitektur CPU AMD Zen 2 sendiri medunkung simultaneous multithreading (SMT) yang memungkinkan delapan core ini memproses 16 thread.

Beda dengan Microsoft, Mark Cerny tidak menjelaskan secara detail penerapan SMT ini. Apakah bisa full 8 core 16 thread?

Soal GPU, digunakan AMD custom RDNA 2 berisi 36 compute unit yang berjalan pada 2,23 GHz. GPU ini punya kemampuan komputasi sampai 10,28 TFLOPs.

Diagram CPU dan GPU PlayStation 5. (PlayStation)

 

PlayStation 5 juga disematkan memory RAM 16 GB GDDR6 256 bit. Memory ini punya bandwith 448 GBps secara seragam untuk keseluruhan 16 GB.

Menariknya, Sony mengembangkan teknologi SSD untuk konsol game baru ini. Disematkan SSD 825 GB yang dibuat secara custom termasuk controllernya.

PS5 juga menghadirkan gebrakan dalam IO throughput yang mendukung transmisi 5,5 GBps (raw), dan 8 hingga 9 GBps compressed.

Sama seperti Xbox Series X, konsol game ini juga mendukung expandable storage. Yakni kemampuan meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Bedanya, PlayStation 5 memungkinkan memakai NVMe SSD slot via m.2. Namun Sony akan memastikan hanya SSD yang terverifikasi yang didukungnya.

Kecepatan SSD PlayStation 5. (PlayStation)

 

Mark Cerny juga mengkonfirmasi kalau konsol baru ini mendukung Ray Tracing secara hardware. Bagaimana mereka mengimplementasi teknologi ini.

Meski tidak secara detail, lead arsitek PlayStation 5 ini menyampaikan akan memakai mekanisme Ray Tracing mirip dengan GPU AMD di PC.

Lebih lngkapnya, berukut ini spesifikasi PlayStation 5.

  • CPU: 8x Zen 2 Cores 3,5 GHz with SMT (variable frequency)
  • GPU: 10,28 TFLOPs, 36 CUs 2,23 GHz (variable frequency)
  • GPU Architecture: Custom RDNA 2
  • Memory/Interface: RAM 16 GB GDDR6 / 256-bit
  • Memory Bandwidth: 448 GBps
  • Internal Storage: Custom 825 GB SSD
  • IO Throughput: 5.5GB/s (Raw), Typical 8-9GB/s (Compressed)
  • Expandable Storage: NVMe SSD Slot
  • External Storage: USB HDD Support
  • Optical Drive: 4K UHD Blu-ray Drive

Dari spesifikasi PlayStation 5 tidak hanya memberikan chip CPU dan GPU terbaru. Namun juga menggarap serius bagian internal storage.

Sony memastikan SSD kencang yang mampu menghadirkan game tanpa loading. Karena ini permintaan para developer game yang menginginkan SSD kencang.

Aksesoris PlayStation 5. (PlayStation)

 

Dengan tampilan visual yang futuristis, ditambah dengan spesifikasi PlayStation 5 yang bertenaga, nampak konsol game ini telah siap menyongosng masa depan gaming.

Itulah desain dan spesifikasi PlayStation 5, yang tidak hanya cantik dari luar. Namun juga bertenaga dari dalam. Apakah kamu ikut menantikan konsol game baru PS5 ini?

BACA SELANJUTNYA

Marvel's Spider-Man Miles Morales Dipastikan Sebagai Standalone Game