Rabu, 15 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 10 Juni 2020 | 13:45 WIB

Hitekno.com - Berbagai developer hingga publisher game ikut angkat suara dalam menyikapi isu rasisme yang mencuat di Amerika Serikat. Terbaru, FIFA 20 dan Gears 5 mengeluarkan fitur serta pesan anyar yang menyuratkan bahwa mereka sangat serius dalam memerangi rasisme.

Jika kita masuk ke dalam game FIFA 20 dan Gears 5 hari ini (06/10/2020), maka kita bisa menemukan pesan Black Lives Matter.

Pesan itu muncul pada FIFA 20 saat di awal game sementara pemain Gears 5 bisa menemukannya pada bagian Gears News di menu beranda.

FIFA 20 memberikan pesan bahwa mereka akan berdiri dengan semua pemain Afrika-Amerika atau orang-orang dari komunitas kulit hitam.

Mereka bahkan menyiapkan seragam atau Kit tersendiri dalam menyuarakan "No Racism".

Pesan EA pada isu rasisme. (Twitter/ EASPORTSFIFA)

 

"Diskriminasi rasial yang mengakar dan sistemik yang masih dipertanyakan terhadap komunitas Afrika-Amerika atau komunitas Kulit Hitam tidak dapat diterima. Rasisme, baik dari individu atau institusi, seharusnya tidak ada di masyarakat kita. Kami berdiri dengan semua pemain Afrika-Amerika / Hitam, keluarga, teman, kolega, dan mitra kami dalam komitmen kami untuk memerangi rasisme dan ketidakadilan sosial," bunyi pernyataan resmi dari FIFA 20.

Dikutip dari Games Radar, EA juga memberikan item klub "No Room for Racism" bagi semua player FIFA Team Ultimate.

Kit, didasarkan pada seragam asli dari Liga Primer Inggris yang diluncurkan oleh FIFA 20 pada Oktober 2019.

Sebelumnya, item dan seragam "No Room for Racism" telah diluncurkan sebagai tanggapan perilaku rasis oknum superter, saat Inggris melawan Bulgaria.

Seragam anti rasisme hadir di FIFA 20. (EA SPORTS)

 

Pertandingan Inggris melawan Bulgaria pada kualifikasi EURO 2020 yang dilaksanakan pada 15 Oktober 2019 menghasilkan sentimen buruk bagi penggemar bola internasional.

Raheem Sterling dan Marcus Rashford mendapatkan ejekan bernada rasis dan salam fasis dari suporter Bulgaria.

Seragam bertuliskan "No Room For Racism" ditempatkan bersama dengan background berwarna hitam dan putih.

Logo klub berada di bagian dada samping kiri sementara logo Liga Primer Inggris berada di bagian dada sebelah kanan.

Tampilan Gears 5 pada Xbox Series X. (Xbox)

 

Kali ini, No Room For Racism didekasikan untuk George Floyd (46), seorang pria kulit hitam yang mendapatkan kekerasan rasial hingga meninggal dunia oleh oknum anggota polisi Minneapolis, Amerika Serikat.

Gears 5 juga memberikan pesan pada bagian Gears News di menu beranda.

"#BlackLivesMatter. Hentikan semua omong kosong yang ada. Keadilan yang setara di bawah hukum," kata pesan resmi dari Gears 5.

Mereka juga mencantumkan bahwa Microsoft telah menjanjikan sumbangan sebesar 1,5 juta dolar AS atau Rp 20,1 miliar kepada Black Lives Matter Foundation, Equal Justice Initiative, Innocence Project, The Leadership Conference, hingga Minnesota Freedom Fund.

Tak hanya FIFA 20 dan Gears 5, beberapa game lain seperti Call of Duty, Madden NFL 21, serta beberapa game lain juga menyuarakan Black Lives Matter.

BACA SELANJUTNYA

Baru Dirilis, Stack Colors! Jadi Game Populer di Android