Kamis, 04 Juni 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 19 Mei 2020 | 13:13 WIB

Hitekno.com - Game Minecraft, sebuah permainan yang terlihat biasa saja. Namun siapa sangka Minecraft ini malah populer dan laris manis terjual.

Dikutip HiTekno.com dari The Verge, penjualan game Minecraft telah tembus 200 juta copy. Angka yang sangat tinggi untuk sebuah game.

Microsoft mengungkap angka penjualan game ini dalam rangka merayakan 11 tahun Mojang Studio yang menggarap Minecraft.

Seperti diketahui, Microsoft sendiri telah membeli Mojang selaku developer game Minecraft. Dan kini mengubah namanya menjadi Mojang Studio.

Popularitas Minecraft makin melesat setelah diakuisisi Microsoft. Terlebih ketika hadir ke berbagai macam platform.

Game PC Minecraft. (Microsoft)

 

Saat ini game Minecraft tidak hanya hadir ke PC dan mobile saja, namun juga hadir ke Xbox 360, PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox One.

Popularitas game Minecraft sendiri juga tidak luput dari peran serta para Youtuber Gaming. Bahkan game ini merajai video YouTube Gaming.

Menariknya lagi, penjualan Minecraft meningkat saat pendemi melanda. Bahkan terjadi peningkatan sampai 25 persen.

Menurut catatan 2016, angka penjualan game Minecraft tembus 100 juta copy. Semenjak itu, angka ini terus bertambah hingga kini tembus 200 juta copy.

Tak hanya itu, terjadi peningkatan pemain dalam sesi multiplayer. Menurut laporan, pemain multiplayer Minecraft meningkat 40 persen pada bulan kemarin.

Game Android Offline Minecraft. (Google Play Store)

 

Sebagai informasi, game Minecraft memulai dari distribusi lewat game web di forum-forum. Awalnya masih memakai teknologi Java applet.

Dari sini perkembangan komunitas Minecraft makin melejit. Terlebih bagi para penggemar game indie dan game crafting juga building.

Dengan dukungan penuh komunitas ini, popularitas Minecraft melejit. Bahkan sampai ke non-gamer, terlebih pada anak-anak.

Itulah pencapaian terbaru dari game Minecraft. Yang berawal dari game indie, mendapatkan dukungan komunitas hingga dilirik Microsoft.

BACA SELANJUTNYA

Microsoft Flight Simulator 2020 Adopsi Sistem Navigasi Pesawat Asli