Kamis, 04 Juni 2020
Agung Pratnyawan : Sabtu, 09 Mei 2020 | 16:17 WIB

Hitekno.com - Facebook Gaming akhirnya mengenalkan fitur baru yakni Turnamen Game dan Marathon Livestream. Dua fitur yang akan memuaskan gamer streamer.

Dengan fitur baru Turnamen Game dan Marathon Livestream ini, membuat komunitas gamer streamer Indonesia agar tetap terhubung dan berinteraksi dengan penggemar dan gamer lainnya selama Ramadan di tengah wabah Covid-19.

"Facebook hadir di Indonesia untuk mendukung streamer gamer di Indonesia untuk membangun komunitas yang kuat dan menciptakan interaksi yang bermakna dengan para penggemar mereka," ujar Head of Southeast Asia, APAC Games Partnership, Michael Rose, dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat.

"Dan, pada saat yang sama, menyediakan berbagai cara bagi para pembuat konten ini untuk membangun bisnis yang paling sesuai dengan konten dan penggemar mereka," dia melanjutkan.

Turnamen Game memungkinkan pembuat konten favorit untuk menyelenggarakan turnamen saat streaming. Fitur baru itu dapat membuat, bermain, dan menonton kompetisi di satu tempat.

Sementara, fitur Maraton Livestream menjadi tempat bagi streamer untuk melakukan streaming dari waktu buka puasa hingga sahur setiap hari untuk meningkatkan pengalaman seluler selama bulan Ramadhan.

Facebook Gaming menyebutkan bahwa grup gaming adalah salah satu komunitas terbesar dan paling aktif layanannya.

Aplikasi Facebook Gaming. (Facebook)

 

Setiap bulannya, lebih dari 700 juta orang berinteraksi dengan konten gaming di Facebook dengan 160 juta pengguna aktif setiap bulan dalam 450.000 grup gaming di Facebook pada Maret 2020.

Sementara, Facebook Gaming di Indonesia tumbuh secara signifikan dalam kurun waktu kurang dari dua tahun. Facebook mencatat penonton konten gaming video naik hingga 210 persen sepanjang tahun lalu.

Facebook juga mencatat lima game paling populer di Indonesia pada April 2020, yaitu Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire - Battlegrounds, Grand Theft Auto V, dan Free Fire.

"Asia Tenggara telah berkembang menjadi salah satu pasar yang paling potensial untuk Facebook Gaming, yang sebagian besar didorong oleh popularitas video game dan pembuat video game kami yang berada di Indonesia," ujar Michael.

Facebook mengatakan kreator game merupakan bagian integral dari Facebook Gaming yang telah membuat komunitas game di Facebook menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Selain Tab Gaming pada platformnya, Facebook juga menghadirkan aplikasi Facebook Gaming untuk melengkapi pengalaman bermain game yang mendalam, dengan menyediakan cara bagi orang-orang untuk menemukan, menonton, memainkan, dan berbagi konten game yang dipersonalisasi semuanya di satu tempat.

Aplikasi Facebook Gaming memiliki fitur Go Live yang memungkinkan orang untuk menyiarkan game di ponsel mereka langsung ke Facebook dalam hitungan detik.

Melalui aplikasi Facebook Gaming, penonton atau penggemar dapat dengan mudah menemukan halaman kreator game favorit mereka, menonton konten gaming mereka, dan juga bergabung dalam beragam grup untuk mendapat tips seputar gaming.

Itulah fitur baru Turnamen Game dan Marathon Livestream yang dihadirkan oleh Facebook Gaming. Sudah menjajal fitur baru ini? (Suara.com/ Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Dua Game Pokemon Datang ke Facebook, Ini Rinciannya