Senin, 01 Juni 2020
Agung Pratnyawan : Sabtu, 25 April 2020 | 21:00 WIB

Hitekno.com - Seperti diberitakan sebelumnya, Sony telah resmi mengenalkan kontroler baru yang akan digunakan untuk PlayStation 5. Yakni DualSense.

Kabar terbarunya, developer game menyambut kehadiran kontroler DualSense ini dengan baik. Bahkan disebut-sebut lebih baik dari DualShock 4.

Seperti diketahui, DualShock 4 adalah kontroler standar yang digunakan PlayStation 4. Sedangkan untuk konsol game barunya, bernama DualSense.

Dilansir dari GamingIntel.com, developer game asal Spanyol, Tequila Works menyebut kalau DualSense di PlayStation 5 lebih menarik dibanding DualShock 4.

Setidaknya ada beberapa alasan kenapa developer game RIME dan GLYT tersebut lebih menyukai kontroler baru ini. Apa saja itu?

DualSense, Kontroler baru PlayStation 5. (PlayStation)

 

Yang pertama ada Haptic Feedback dan speaker, menurut Raul Rubio CEO Tequila Works sebagai fitur yang mendorong kreativitas developer game.

Developer game harus berpikir kreatif bagaimana memberikan pengalaman bermain yang unik dan belum pernah dirasakan gamer.

Selain itu, Haptic Feedback dan speaker juga menambah rasa imersiftias dari DualSense dan PlayStation 5.

Yang kedua ada Create Button, disebutkan sebagai bentuk evolusi dari Share Button yang sebelumnya ada di DualShock 4.

"Dengan create button kamu bisa membuat sesuatu yang lebih aktif," kata Rubio seperti dimuat GamingIntel.com belum lama ini.

DualSense, Kontroler baru PlayStation 5. (PlayStation)

 

Ditambahkan pula kalau adanya sedikit upgrade pada light bar juga jadi kelebihan kontroler PlayStation 5 ini.

Perubahan posisi dari bagian atas kontroler menghadap ke TV, kini berubah ke atas menghadap player.

Ini dapat menghilangkan masalah cahaya yang mengganggu karena terlihat di depan TV. Kini masalah tersebut bisa teratasi.

Developer game ini juga mengomentari soal performa dari konsol game generasi baru ini. Namun disebutkannya kalau PlayStation 5 dan DualSense memberikan pengalaman baru.