Jum'at, 29 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 21 April 2020 | 16:30 WIB

Hitekno.com - Game dibuat untuk mengisi waktu luang sekaligus hiburan kepada para pemainnya. Namun beberapa produsen game menyisipkan unsur kontroversial ke dalam game yang mereka buat, termasuk unsur rasisme. 

Berikut ini lima game yang terbukti memuat unsur rasisme yang pernah ada, dilansir laman Gamingbolt, Selasa (21/4/2020).

Bioshock Infinite

Dirilis pada 2013 untuk platform Microsoft Windows, Mac, PlayStation 3, dan Xbox 360. Seri Bioshock yang satu ini sebenarnya diapresiasi karena menerima beberapa penghargaan bergengsi, khususnya dari segi plot cerita dan grafis.

Bioshock Infinite. [Gamingbolt]

Meski begitu, banyak orang yang memainkan game ini menilai adanya unsur rasisme yang begitu kental di dalamnya. Mereka berasumsi, game tembak-tembakan ini sangat merendahkan orang-orang berkulit hitam. Di sisi lain, orang berkulit putih dianggap paling superior.

Ethnic Cleansing

Dari judul gamenya saja sudah terpampang jelas. Game bertema pembunuhan ini dirilis pada 2002 oleh Resistance Records.

Meskipun sekilas game bergenre FPS (First Person Shooter) ini terlihat normal, namun game ini mempertontonkan perilaku rasisme yang kental.

Pasalnya, pemain bakal mengemban tugas sebagai seorang tentara Nazi yang bertugas membunuh orang-orang berkulit hitam dan orang-orang Yahudi.

Ethnic Cleansing. [Gamingbolt]

Tak hanya itu, alur cerita dan adegan yang ditampilkan sangat memojokkan etnis dan ras tertentu. Maka tidak mengherankan jika pengembang game ini menuai banyak kecaman dari para aktivis kemanusiaan.

Anda ingin mendapatkan info berita menarik?