Rabu, 23 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 07 April 2020 | 12:15 WIB

Hitekno.com - Momen physical distancing membuat sejumlah pekerja seni mengandalkan teknologi saat ini untuk mengadakan konser amal. Seperti Band Chiptuna Anamanaguchi yang bekerja sama dengan band emo ikon American Football dan sejumlah musisi lain untuk menggelar konser amal di Minecraft.

Kebijakan karatina di rumah ini membuat sejumlah aktivitas yang menyebabkan kerumunan dilarang.

Alasan itulah yang mendasari para musisi ini mengadakan konser amal yang berlangsung di Minecraft di daerah di mana para pemain dapat mengunjungi.

Konser amal melalui video game ini juga bisa disaksikan pemain lainnya melalui saluran streaming game, Twitch.

Dilansir dari laman The Verge, festival ini diselenggarakan oleh Open Pit yang telah mengadakan festival di Minecraft sebelumnya, termasuk Coalchella, Firefest dan Mine Gala.

Game PC Minecraft. (Microsoft)

 

Open Pit menjual kartu VIP pada psereta yang akan memberikan annggota akses ke area khusus dalam permainan, barang dagangan esksklusif dalam game dan area tertentu dalam Discord yang akan memungkinkan penggemar bisa berbicara langsung dengan artis.

Konser virtual yang kini mulai banyak diadakan di game online semakin populer, termasuk Minecraft dan Fortnite.

Salah satu yang sering mengadakan konser virtual di dalam game adalah Marshmello. Ia pernah mengadakan pertunjukkan melalui game Fortnite pada Februari 2019 lalu.

Kini budaya mulai bergeser, pasalnya di bulan yang sama tahun ini sejumlah DJ berkumpul di Minecraft untuk mengadakan festival di dunia game.

Kisah para pekerja seni yang sekarang semakin memanfaatkan ruang online atau internet untuk menjadi pilihan kedua, kini menjadi ruang alternatif bagi mereka karena adanya pembatasan aktivitas di luar ruangan.

Konser amal di Minecraft ini akan diadakan pada Sabtu, 11 April mendatang.

BACA SELANJUTNYA

GoPlay Live, Platform Digital yang Dukung Karya Musisi Indonesia