Kamis, 24 September 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 23 Maret 2020 | 13:22 WIB

Hitekno.com - Dreams sebuah game yang memungkinkan player untuk membuat permainannya sendiri. Bahkan sampai ada yang membuat mario dalam game PlayStation 4 tersebut.

Seorang kreator Dreams telah memasukkan sosok Mario ke dalam permainan yang dibuatnya. Mengingat game PlayStation 4 ini memungkinkan terjadi.

Tak hanya untuk dirinya sendiri, para pemain bisa membagikan hasil kreasinya untuk dimainkan player lain di luar sana.

Player dapat membuat karakter kreasinya sendiri dalam Dreams, bahkan membuat karakter dari franchise populer lainnya.

Tentu saja, masalah lisensi ini bisa menghantui. Termasuk sosok Mario yang muncul dalam kreasi Dreams garapan Piece of Craft tersebut.

Kreasi Mario di Dreams. (Twitter/ Piece_of_Craft)

 

Nintendo sendiri dikenal sangat ketat menjaga Intellectual Property (IP) mereka. Seperti yang dilakukan pada kreasi Dreams tersebut.

Piece of Craft mencuitkan hasil kreasinya membuat Mario di Dreams telah ditarik dari game PlayStation 4 tersebut atas pemintaan Nintendo.

Hal ini membuat proyek Piece of Craft ini tak bisa lagi dimainkan player lain pada Dreams. Bahkan dicari pun tidak bisa lagi.

Seperti diwartakan Eurogamer, Sony telah mencabut kreasi karakter Mario dari Dreams setelah mendapatkan komplain dari Nintendo.

Melalui cuitannya, Piece of Craft menjelaskan dirinya menerima email dari Sony Interactive Entertainment Europe soal pencabutan hasil kreasinya.

Disebutkan kalau Nintendo tidak mengizinkan adanya IP Super Mario dalam Dreams. Bahkan si Piece of Craft sendiri tidak bisa mengubah proyeknya tersebut.

Memakai hasil kreasi karakter Mario tersebut, sejumlah player Dreams bahkan membuat ulang game Super Mario 64 ke game PlayStation 4 ini.

Salah satunya yang cukup ramai adalah Super Mario Infinity. Di dalamnya kita bisa melihat bagaimana player membuat ulang game tersebut.

Dengan tindakan Nintendo pada kreasi Mario ini, tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada kreasi para player Dreams yang memakai IP franchise lain.

BACA SELANJUTNYA

Pakai RE Engine, Capcom Siapkan Monster Hunter Khusus Nintendo Switch?