Minggu, 05 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 19 Maret 2020 | 20:30 WIB

Hitekno.com - PlayStation 5 vs Xbox Series X, dua konsol game baru yang telah mengungkap spesifikasi hardware yang digunakan. Dari sini bisa diintip bagaimana nantinya.

Microsoft lebih dulu mengungkap spesifikasi Xbox Series X. Tak hanya itu, dibagikan wujud konsol game ini ketika dibongkar.

Lalu menyusul Sony mengungkap spesifikasi PlayStation 5. Tidak segamblang Microsoft, PlayStation 5 belum mengungkap wujud fisiknya.

Namun dapat dipastikan, dua konsol game baru ini memakai chip custom buatam AMD. Baik untuk CPU maupun GPU pakai paket dari AMD.

Meski begitu, masing-masing menyajikannya secara berbeda. Sony dengan racikannya sendiri, dan Microsoft dengan pandangannya sendiri.

Lebih lanjut, berikut ini tim HiTekno.com bandingkan spesifikasi PlayStation 5 vs Xbox Series X bakal jadi konsol game seperti apa nantinya.

1. CPU

Chip AMD pada Xbox Series X. (Microsoft)

 

Keduanya memakai CPU Octa-core Zen 2 yang dilengkapi simultaneous multithreading (SMT) yang memungkinkan delapan core ini memproses 16 thread.

Xbox Series X bisa berjalan di 3,8 GHz jika mematikan SMT shingga cuma jalan 8 thread. Jika ingin menyalakan SMT dan mendapatkan 16 thread, CPU berjalan di 3,6 GHz.

Developer punya kebebasan untuk memilih jumlah thread banyak tapi speed turun, atau pilih speed penuh dengan thread lebih sedikit di Xbox Series X.

Sedangkan CPU PlayStation 5 dapat berubah-ubah frekuensinya tergantung kebutuhan. Namun maksimal berjalan cuma di 3,5 GHz.

PlayStation 5 akan merubah frekuensi CPU sesuai dengan load yang dikerjakan. Namun dipastikan memiliki jumlah thread yang pasti.

Thread banyak akan dibutuhkan beberapa game open world, dan pemrosesan AI secara masif. Sedangkan game aksi yang intensif akan membutuhkan clock speed.

2. GPU

Diagram CPU dan GPU PlayStation 5. (PlayStation)

 

Keduanya memakai custom GPU AMD RDNA 2, yang telah mendukung ray tracing secara hardware. Juga diklaim punya komputasi yang tinggi.

Xbox Series X memakai GPU dengan 52 compute unit yang berjalan pada 1,825 GHz. GPU ini mampu memiliki kemampuan komputasi sampai 12,16 TFLOPs.

PlayStation 5 memiliki compute unit lebih sedikit, yakni 36 saja yang berjalan di 2,23 GHz. GPU ini menghasilkan komputasi sampai 10,28 GHz.

Secara angka, GPU Xbox Series X lebih unggul. Namun clock speed tinggi PlayStation 5 akan digemari game-game aksi yang intensif.

Banyaknya compute unit di GPU Xbox Series X akan berguna untuk berbagai tugas. Dari ray tracing, hingga machine learning.

3. Memory (RAM)

Konsol game Xbox Series X (Microsoft)

 

Keduanya memakai RAM 16 GB GDDR6 dengan interface 256 bit. Meski begitu, masing-masing konsol game punya racikan berbeda soal RAM.

Xbox Series X membagi dua bagian RAM, yakni 10 GB yang kencang dengan 560 GBps. Sedangkan 6 GB jalan lebih lamban di 366 GBps.

Developer game harus memilah data-data mereka, mana yang membutuhkan kecepatan tinggi. Mana yang tidak, bisa dilewatkan ke jalur lamban.

PlayStation 5 nampak belajar dari PlayStation 3 dengan memberikan memori yang seragam. Yakni 16 GB seragam dengan bandwitch 448 GBps.

Developer tidak perlu memilah-milah datanya, tinggal pakai saja. Karena semua bagian RAM punya kecepatan yang sama.

4. Storage

Kecepatan SSD PlayStation 5. (PlayStation)

 

Keduanya telah memakai SSD, namun custom yang telah disesuaikan keperluan konsol game tersebut. Dan membaginya dalam dua bagian.

Internal storage, sebagai penyimpanan utama Xbox Series X tersedia dalam kapasitas 1 TB. Storage yang digunakan adalah SSD NVMe dengan kecepatan tinggi.

IO Throughput konsol game Microsoft ini mencapai 2,4 GBps raw dan 4,8 GBps compressed. Sangat kencang dibandingkan hardisk SATA yang cuma 100 MBps.

Sony nampak sangat serius menggarap internal storage. Bahkan memakai controller dan chip khusus untuk mendapatkan kecepatan super tinggi.

Internal storage PlayStation 5 memiliki kapasitas tak biasa, yakni 825 GB. Hal ini terjadi karena Sony tidak memakai chip yang umum ada di pasaran.

Karena itu, PlayStation 5 bisa memiliki IO Throughput sampai 5,5 GBps raw dan 8 hingga 9 GBps compressed. Meski sama-sama NVMe SSD tapi ini super kencang.

Sony serius menggarap bagian ini karena punya obsesi menghilangkan loading time. Juga sebagai permintaan para developer.

Internal storage yang kencang bukan cuma membuat loading cepat. Namun membuat performa game tidak terhambat menunggu kiriman data.

5. Expendable Storage

Storage ekspansi Xbox Series X. (Microsoft)

 

PlayStation 5 vs Xbox Series X sama-sama memberikan kemampuan untuk menambah storage. Mengingat game-game baru terus meningkat kapasitas yang dibutuhkan.

1 TB saja akan terasa kurang untuk beberapa tahun depan, apalagi 825 GB. Karena itu ada port khusus untuk menambah penyimpanan.

Xbox Series X memakai solusi Expansion Card 1 TB yang dicolok pada bagian belakang. Microsoft menggandeng Seagate untuk membuatnya khusus untuk Xbox Series X.

Sedangkan Sony lebih terbuka dengan memberikan slot M.2 NVMe SSD. Namun akan dilakkan verifikasi produk mana saja yang kompatibel dengan PlayStation 5.

Tidak menutup kemungkinan nantinya memakai SSD NVMe M.2 standar yang banyak digunakan di PC dan laptop. Solusi SSD seperti ini telah tersedia di pasaran.

Kesimpulan PlayStation 5 vs Xbox Series X

PlayStation 5 vs Xbox Series X. (HiTekno.com)

 

Dapat terlihat kalau Microsoft mengejar raw performance Xbox Series X yang lebih tinggi. Dari clock CPU yang lebih tinggi, dan GPU dengan TFLOPs tinggi.

Beberapa pilihan terbuka untuk para developer game, dari CPU mau kencang atau jumlah thread. Juga pilihan kecepatan RAM.

Meski terlihat fleksibel, hal ini bisa berisiko seperti yang terjadi pada PlayStation 3. Developer butuh waktu untuk mendalami arsitekturnya.

Sedangkan PlayStation 5 nampak meski terlihat kurang, namun memberikan kebebasan lebih bagi developer dalam memakai semua resourcenya.

Banyak developer meminta CPU dan memory yang seragam ketika Sony hendak mengembangkan PlayStation 4 silam. Dan itu dipenuhi perusahaan asal Jepang ini.

Sony juga nampak lebih serius dalam menggarap urusan loading. Game-game open world dan aset berukuran besar dapat memanfaatkan kecepatan SSD PlayStation 5.

Itulah perbandingan spesifikasi PlayStation 5 vs Xbox Series X dalam sisi hardware. Kita tunggu saja sampai pelucurannya nanti pada penghujung 2020.

BACA SELANJUTNYA

Gran Turismo 7 Bakal Maksimalkan Potensi PlayStation 5, Tak Sekadar Grafis