Minggu, 29 Maret 2020

Spesifikasi PlayStation 5 Resmi Diungkap, Tak Sekadar Pamer Power!

Secara angka nampak kalah garang dari Xbox Series X, tapi PlayStation 5 punya kelebihan di sisi lain.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Logo PlayStation. (Sony)
Logo PlayStation. (Sony)

Hitekno.com - PlayStation 5, konsol game baru Sony ini akhirnya mengungkap beberapa detail hardware yang digunakan. Seperti apa spesifikasi PlayStation 5 ini?

Mark Cerny, lead arsitek Sony PlayStation 5 ini mempresentasikan detail hardware dari konsol game ini. Sayangnya tidak dipamerkan seperti apa wujudnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, konsol game ini akan memakai chip buatan AMD. Yakni AMD Zen 2 untuk CPU, dan RDNA 2 sebagai GPU.

Dari sisi CPU, PlayStation 5 akan memakai delapar core yang berajalan hingga 3,5 GHz. Clock speed prosesor ini bisa berubah-ubah, namun maksimal mentok di 3,5 GHz.

Arsitektur CPU AMD Zen 2 sendiri medunkung simultaneous multithreading (SMT) yang memungkinkan delapan core ini memproses 16 thread.

Beda dengan Microsoft, Mark Cerny tidak menjelaskan secara detail penerapan SMT ini. Apakah bisa full 8 core 16 thread?

Soal GPU, digunakan AMD custom RDNA 2 berisi 36 compute unit yang berjalan pada 2,23 GHz. GPU ini punya kemampuan komputasi sampai 10,28 TFLOPs.

Diagram CPU dan GPU PlayStation 5. (PlayStation)
Diagram CPU dan GPU PlayStation 5. (PlayStation)

 

PlayStation 5 juga disematkan memory RAM 16 GB GDDR6 256 bit. Memory ini punya bandwith 448 GBps secara seragam untuk keseluruhan 16 GB.

Menariknya, Sony mengembangkan teknologi SSD untuk konsol game baru ini. Disematkan SSD 825 GB yang dibuat secara custom termasuk controllernya.

PlayStation 5 juga menghadirkan gebrakan dalam IO throughput yang mendukung transmisi 5,5 GBps (raw), dan 8 hingga 9 GBps compressed.

Sama seperti Xbox Series X, konsol game ini juga mendukung expandable storage. Yakni kemampuan meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Bedanya, PlayStation 5 memungkinkan memakai NVMe SSD slot via m.2. Namun Sony akan memastikan hanya SSD yang terverifikasi yang didukungnya.

Kecepatan SSD PlayStation 5. (PlayStation)
Kecepatan SSD PlayStation 5. (PlayStation)

 

Mark Cerny juga mengkonfirmasi kalau konsol baru ini mendukung Ray Tracing secara hardware. Bagaimana mereka mengimplementasi teknologi ini.

Meski tidak secara detail, lead arsitek PlayStation 5 ini menyampaikan akan memakai mekanisme Ray Tracing mirip dengan GPU AMD di PC.

Lebih lngkapnya, berukut ini spesifikasi PlayStation 5.

Dari spesifikasi PlayStation 5 tidak hanya memberikan chip CPU dan GPU terbaru. Namun juga menggarap serius bagian internal storage.

Sony memastikan SSD kencang yang mampu menghadirkan game tanpa loading. Karena ini permintaan para developer game yang menginginkan SSD kencang.

Mark Cerny presentasikan spesifikasi PlayStation 5. (PlayStation)
Mark Cerny presentasikan spesifikasi PlayStation 5. (PlayStation)

 

Soal backwards compatilibity, PlayStation 5 juga akan bisa memainkan sejumlah game PlayStation 4. Belum dijelaskan secara detail.

Jika dibandingkan dengan Xbox Series X, Sony masih belum secara terbuka mengungkap PlayStation 5 ini secara mendetail.

Termasuk seperti apa wujud konsol game baru mereka juga tidak diungkap ke publik. Beda dengan Microsoft malah membongkarnya dan memamerkan seperti apa Xbox Series X.

Namun tentu saja PlayStation 5 tetap menarik untuk dinantikan kehadirannya. Apakah kamu juga menunggu kehadiran konsol game baru ini?

Terkait

Terkini