Minggu, 27 September 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 16 Maret 2020 | 10:45 WIB

Hitekno.com - Sempat muncul laporan dari lembaga riset yang menyebutkan peluncuran PlayStation 5 dan Xbox Series X berpotensi terdampak virus corona.

Laporan tersebut menyebutkan kalau peluncuran konsol game baru ini telah dijadwalkan -ada penghujung tahun bisa mengalami kendala.

Namun laporan tersebut dibantah oleh Daniel Ahmad, analis industri game ternama dari Nikko Group. Menurutnya, konsol game ini masih punya waktu.

Melalui akun Twitternya, @ZhugeEX, analis ini menyampaikan belum ada pertanda akan terjadinya penundaan peluncuran PlayStation 5 maupun Xbox Series X.

Kedua konsol game baru ini telah dijadwalkan akan meluncur pada musim libur 2020, atau dikerpirakan pada November 2020.

Ilustrasi controller PlayStation. (PlayStation)

 

"Tidak sekarang + terlalu dini untuk mengatakan dengan pasti." tulis Daniel Ahmad di Twitter.

Disebutkannya jika sampai kuartal kedua 2020 produksi belum sampai memenuhi kebutuhan, nantinya pasti Sony dan Microsoft akan mempertimbangkan peluncurannya.

Ia juga menyebutkan kalau sampai saat ini masih belum ada alasan untuk melakukan penundaan. Namun situasi bisa berubah dengan cepat.

Meski belum ada tanda-tanda peluncuran PlayStation 5 dan Xbox Series X terdampak virus corona, beberapa produksi konsol game lain mulai terdampak.

Disebutkan Daniel Ahmad, Nintendo Switch ikut terdampak virus corona. Konsol game ini mengalami kelangkaan karena produksinya di China dihentikan sementara.

Meski produksinya telah dimulai kembali, namun belum bisa memenuhi kapasitas permintaan Nintendo Switch yang cukup tinggi.

Lalu bagaimana dengan PlayStation 5 dan Xbox Series X mendatang? Apakah bisa diluncurkan tepat waktu tanpa terdampak virus corona?

BACA SELANJUTNYA

Harga Memori Eksternal Xbox Series X Mahal? Diduga Sampai Rp 3,7 Jutaan