Sabtu, 04 April 2020

Biaya Produksi PlayStation 5 Tembus Rp 6,1 Jutaan, Ini yang Bikin Mahal

Harga PlayStation 5 diprediksi tak jauh dari Rp 6,1 jutaan.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Logo PlayStation. (Sony)
Logo PlayStation. (Sony)

Hitekno.com - Sony sendiri belum mengungkap wujud dari konsol game baru mereka. Wujudnya saja belum, apa lagi harga PlayStation 5 masih jadi misteri.

Namun bocoran baru mengungkap berapa biaya produksi PlayStation 5 yang tidaklah murah. Bahkan tembus harga Rp 6,1 jutaan per unit.

Dikutip HiTekno.com dari Bloomberg, sumber yang tidak disebutkan namanya telah membocorkan berapa biaya produksi PlayStation 5.

Menurut sumber ini, Sony harus menanggung biaya produksi 450 dolar AS atau sekitar Rp 6,1 juta tiap unit konsol game ini.

Apa yang membuat biaya produksinya bisa setinggi ini? Ternyata karena komponen memori yang tidaklah murah, dan kegagalan Sony mengamankan stock komponen.

Disebutkan kalau PlayStation 5 kesulitan mendapatkan suplier yang bisa memasok DRAM dan NAND flash memory karena harus bersaing dengan pabrikan smartphone.

Termasuk Samsung sebagai produsen memori baru saja meluncurkan sederet smartphone baru. Sehingga resource komponen memori mereka dialihkan ke Samsung Galaxy S20.

Ilustrasi controller PlayStation. (PlayStation)
Ilustrasi controller PlayStation. (PlayStation)

 

Kesulitan komponen DRAM dan NAND flash memory ini yang membebani biaya produksi konsol game PlayStation 5 hingga tembus Rp 6,1 jutaan.

Sony sendiri masih bungkam soal harga PlayStation 5 ini. Namun dari bocoran biaya produksi PlayStation 5 di atas, bisa diperkirakan harganya tak akan beda jauh.

Menurut catatan Bloomberg, PlayStation 4 pada 2013 dijual dengan harga 399 dolar AS. Diduga biaya produksi konsol game ini sekitar 381 dolar AS.

Dengan margin yang serupa, Diprediksi Sony akan menjual konsol game tersebut dengan harga sekitar 470 dolar AS atau sekitar Rp 6,4 jutaan.

Logo PlayStation 5. (Sony)
Logo PlayStation 5. (Sony)

 

Namun bisa saja Sony memberikan subsidi sehingga harga PlayStation 5 lebih terjangkau. Karena Sony mengambil untung lebih banyak di penjualan game.

Apakah Rp 6,4 juta jadi harga yang cocok untuk PlayStation 5 nanti? Atau Sony punya langkah lain demi menekan biaya produksi PlayStation 5 nanti?

Terkait

Terkini