Jum'at, 28 Februari 2020

Pertandingan Taekwondo Pakai Health Bar, Jadi Mirip Tekken!

Serasa nonton Tekken, tapi ini orang beneran yang bertarung.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Pertandingan Taekwondo dengan health bar mirip Tekken. (TKDNews)
Pertandingan Taekwondo dengan health bar mirip Tekken. (TKDNews)

Hitekno.com - Yang main game fighting seperti Tekken dan Street Figeter pasti tak asing dengan health bar. Tapi bagaimana jika fitur ini dipakai dalam pertandingan Taekwondo di dunia nyata?

Diwartakan Kotaku, asosiasi Taekwondo Korea Selatan telah melakukan uji coba pemakaian teknologi health bar ke dalam pertandingan Taekwondo.

Pertandingan dimulai dengan healh bar 100 persen. Bagi yang health bar miliknya habis atau 0, akan dinyatakan kalah.

Setiap serangan yang masuk akan mempengaruhi health bar dari petarung. Masing-masing serangan akan memiliki damage yang berbeda.

Health bar ini ditampilkan melalui layar besar di belakang panggung. Membuatnya makin informatif dari sisi penonton.

Bukan cuma terlihat lebih menarik, teknologi ini membuat penonton jadi lebih mudah mengerti apa yang terjadi dalam pertandingan Taekwondo.

Selain itu, membuat pertandingan Taekwondo ini jadi terlihat mirip fighting game terutama game Tekken yang cukup populer di Korea Selatan.

Pertandingan Taekwondo dengan health bar mirip Tekken. (TKDNews)
Pertandingan Taekwondo dengan health bar mirip Tekken. (TKDNews)

 

Hal ini bisa terlaksana berkat pemakaian teknologi canggih. Yaitu berupa beberapa sensor yang dipasangkan di beberapa tempat.

Sensor ini ditempatkan di beberapa tempat untuk mendeteksi serangan mengenai bagian tubuh mana. Dan seberapa fatal serangan ini.

Dari sensor ini, informasi diolah menjadi hit yang akan mengurangi health bar pemain. Lalu ditampilkan dalam grafis di layar besar tersebut.

Dalam pertarungan Taekwondo ini masih tetap memakai juri seperti umumnya. Teknologi tersebut membantu juri memberikan penilaian dan berlaku adil.

Seperti apa pertandingan Taekwondo dengan teknologi canggih ini? Simak video berikut ini.

Dari video di atas, nampak kita seperti menonton sebuah pertandingan game fighting Tekken. Namun ini Taekwondo dunia nyata dengan health bar.

Terkait

Terkini